Ariawan Istiadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membathik (TMG731)

Membathik (TMG731)

Batik Kutawaru mempunyai keunikan yaitu pewarnaannya menggunakan bahan alami dari mangrove. Warna yang dihasilkan mangrove ini biasanya coklat. Tema 9 mapel SBDP kelas 5 yaitu batik, maka SD Al-Irsyad 02 Cilacap mengundang narasumber dari tim batik desa Kutawaru.

Alat dan bahan disiapkan pembatik. Beberapa anak menyiapkan batu/kelereng/karet utk pengikat pembuatan motif batik. Kegiatan diawali dgn penjelasan langkah langkah membatik oleh narasumber. Setelah itu, anak-anak membentuk kelompok dan bersiap utk kegiatan membatik.

Tiap kelompok mendapatkan kain putih sebagai bahan membatik. Lalu mereka mengikat kelereng dgn karet ke kain putih. Ada juga yg melipat kain lalu diikat dgn tali rafia atau karet, tujuannya adalah utk membentuk pola batik.

Setelah itu teknik pewarnaan. Kain yg sudah diikat, diberi pewarna sesuai warna yg diinginkan. Lalu dijemur sebentar dan setelah itu dicelupkan ke air.. Lalu dijemur kembali. Ada yg dibilas air sampai 3 kali.. Tergantung pewarnaan. Setelah jadi, kain batik di wolsum.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post