Ariawan Istiadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ngaji Malem Jemuwah (TMG 732)

Ngaji Malem Jemuwah (TMG 732)

Amalan yang bagus (dicintai oleh Allah ta'ala) adalah amal yang rutin walau kecil. Termasuk ngaji yang rutin walau ngajinya sedikit-sedikit. Demikian pembukaan dari ustadz Zaenal Abidin, Lc pada JIIMAT (Kajian Islam malam Jumat)

Nabi bersabda kepada Mu'adz, "Aku wasiatkan kepadamu wahai Mu'adz, janganlah engkau meninggalkan diakhir sholat untuk mengucapkan allohumma a 'inni ala dzikrika wa syuhrika wa Husni 'ibadatik". Hadits ini menunjukkan kedekatan Nabi kepada salah satu sahabatnya, Mu'adz. Riwayat lain diawali dengan yaa Mu'adz sesungguh aku menyayangimu. Hadits ini juga menunjukkan kedudukan Mu'adz disisi Nabi dan Allah ta'ala.

Anas bin Malik r.hu meriwayatkan sabda Nabi bahwa aku akan bersama dengan orang yang menyayangiku. Hadits ini menggembirakan para sahabat karena menjadi jaminan dan harapan untuk bersama Nabi di akhirat.

Kalimat "akhir sholat" ditafsir berbeda para ulama. Sebagian meyakini doa (allohumma aini ala dzikrika wa syuhrika wa Husni ibadatik) yang dipanjatkan dibaca sebelum salam. Sebagian lain dibaca setelah salam. Yang kuat karena didukung riwayat lain bahwa doa sebelum salam diijabah. "Janganlah meninggalkan (doa) dalam solatmu, diakhir sholat.

Riwayat lain menyebutkan, "Sesiapa yang bertasbih diakhir sholat". "Sesiapa yang membaca ayat kursi diakhir sholat". Dua kalimat tersebut dinyatakan dengan kalimat "duburo fiy sholat" (diakhir sholat), Kaidah ulama berpendapat bahwa jika doa maka sebelum salam, jika zikir setelah salam.

Wasiat nabi adalah doa yang luar biasa. Ahlul zikir dan ahlul syukur adalah golongan hamba yang istimewa disisi Allah ta'ala.

Umar r hu heran ada sahabat yang berdoa agar menjadi golongan orang yang sedikit. Umar r.hu meminta penjelasan sahabatnya itu. Dijelaskan bahwa orang yang pandai bersyukur hanyalah sedikit. Sebagaimana firman Allah ta'ala "wa qalīlum min 'ibādiyasy-syakụr" (surat-saba-ayat-13).

Hadits ini juga menekankan 3 amalan sekaligus, yaitu beribadah, berzikir, dan bersyukur. Bahkan kalimat Nabi menunjukkan penekanan wasiat yang dicirikan dengan menggunakan lam taukid.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post