Ariawan Istiadi

Belajar sepanjang hayat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tabligh Akbar Hannan Attaki (TMG 439)

Tabligh Akbar Hannan Attaki (TMG 439)

Pesan bupati dalam sambutannya agar anak muda Cilacap berhijrah saat bulan yang tepat yaitu bulan Muharram. Sambutan disampaikan pak Tato pada acara tabligh Akbar yang merupakan puncak acara dalam rangka memperingati tahun baru Islam oleh pemuda Muhammadiyah. Rangkaian acara sudah dimulai sejak Jumat pagi 5 Agustus 2022, berupa khitanan massal, pemeriksaan kesehatan, vaksin dosis1, 2 maupun booster.

Ustadz Hanan Attaki memulai kajiannya dengan membaca QS. 59 Al Hasyr ayat 8-9. Ayat 8. (Harta rampasan itu juga) untuk orang-orang fakir yang berhijrah yang terusir dari kampung halamannya dan meninggalkan harta bendanya demi mencari karunia dari Allah dan keridaan(-Nya) dan (demi) menolong (agama) Allah dan Rasul-Nya. Mereka itulah orang-orang yang benar.

QS. Al-Hasyr Ayat 9 Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (Muhajirin), atas dirinya sendiri, meskipun mereka juga memerlukan. Dan siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Ustadz Hanan membawakan tema saatnya umat Islam berperan bukan baperan. Hubungannya dengan hijrah agar hijrahnya bermanfaat sesuai sunatulloh yaitu rahmatan Lil Al-Amin.

Hijrah tak terlepas dari dua golongan yaitu Muhajirin dan Anshar. Sebagaimana dalam QS Taubat. 100. Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setelah adanya hijrah baru terbentuk dua golongan itu. Sebelum hijrah adanya kaum-kaum secara kesukuan.

Peran Muhajirin ada dalam QS Al Hasyr ayat 8 diatas. Kaum Muhajirin yang berhijrah dalam menyelamatkan aqidahnya. Kaum Muhajirin diuji berbagai hal. Lantas Anshar menolong serta mendukungnya. Demikian juga kaum muda dapat berubah sebagai Muhajirin jika sebagian dari kita juga bersifat sebagai anshar.

Sifat Anshar penuh pengorbanan sebagaimana QS Al Hasyr ayat 9. Yaitu tidak baperan, mengutamakan saudara Muhajirin, dan tidak kikir.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post