ARIEF RACHMAN, S.Pd.

Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa. Menulislah dengan bebas dan secepat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Baca Dulu, Baru Komentar
Gambar diambil dari Google

Baca Dulu, Baru Komentar

Salah satu ciri khas abad 21 adalah "LITERASI", begitu banyak artikel yang menjelaskan tentang literasi. Menurut wikipedia literasi adalah kemampuan atau keterampilan setiap individu dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dizaman yang serba canggih seperti ini, kita bisa keliling dunia dari rumah menggunakan smartphone. Kita bisa tahu apa saja yang terjadi dibelahan dunia lain.

Namun kemajuan teknologi dan informasi tidak di iringi dengan kemajuan literasi masyarakatnya. Ada beberapa contoh yang bisa kita ambil dari dilingkungan kita masing-masing, diantaranya sebagian masyarakat atau istilah kerennya sekarang "Netizen" membaca berita sepenggal-sepenggal atau membaca berita hanya judulnya saja setelah itu mengambil kesimpulan untuk berkomentar. Sehingga banyak yang salah informasi dan terjadi pertengkaran di media sosial, bahkan ada yang sampai ke pengadilan.

Pada pembelajaran daring saat ini juga sering terjadi, seorang guru memberi tugas kepada siswa. Karena semangat literasi siswa dan siswi masih rendah, belum dibaca tugas yang diberikan guru mereka sudah bertanya. Dikertas apa dibuat pak? Jam berapa terakhir batas waktu pengumpulan tugas Pak? Padahal yang ditanyakan sudah ada jawabannya pada penjelasan di tugas tersebut. Terkadang kita agak jengkel dengan anak-anak zaman now.

Setiap sekolah harus membudayakan literasi. Sehingga literasi sudah menjadi kebiasaan bagi siswa sampai ke dunia kerja atau bangku kuliah. Setiap sekolah bisa membuat Pojok Literasi, Sudut Baca, Gerobak Baca, Taman Baca atau yang lainnya. Bagi siswa dan siswi yang sering terlambat kita bisa bawa mereka kesana, untuk membaca atau apapun itu. Sehingga mereka mendapat sanksi yang mendidik. Disamping itu ada juga yang harus dibiasakan setiap sekolah, sebelum memulai pelajaran kita harus latih dan membiasakan siswa untuk membaca minimal 10 s.d 15 menit. Setelah membaca kita minta mereka membuat kesimpulan atau resume.

Dengan demikian, kita berharap apapun informasi/berita yang diterima oleh siswa dan siswi, mereka akan membaca terlebih dahulu, setelah itu menganalisa baru memberi komentar atau argumen. Sebelum kita melatih budaya literasi kepada siswa dan siswi, seorang guru harus menjadi teladan dan contoh bagaimana menjadi seorang "Literat Sejati"

Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju, Pak.

15 Sep
Balas

Sipp Buk Eny..

16 Sep

Setuju pak, membaca tidak hanya sepotong-sepoting

16 Sep
Balas

Terima kasih Buk Syarifah

16 Sep

Okay Bapak

15 Sep
Balas

Oke Buk..

16 Sep

Sama pak siswa saya masih ada juga yang seperti itu

15 Sep
Balas

PR kita bersama buk.. merubah kebiasaan siswa kita masing-masing

16 Sep

Keeren pak..baca dulu baru tanya ya

15 Sep
Balas

Terima kasih Buk Sofiawati

16 Sep

Siap pak.... salam literasi

15 Sep
Balas

Terima kasih Buk Amalia.. Salam literasi kembali

16 Sep

Siswa saya juga dulu sering begitu. Ditanya lagi apa yg sudah ditulis. Salam sukses

15 Sep
Balas

haaaaa.. sama berarti kita buk.. karena itu saya coba menulis kejadian tersebut di gurusiana

16 Sep

Setuju. Betul itu. Insyaallah siap. Salam literasi

15 Sep
Balas

Terima kasih Buk Tri, Salam literasi kembali

16 Sep

Nasihat berharga untuk kita semua. Semangat berliterasi, sukses selalu.

15 Sep
Balas

Terima kasih Pak Edi.. Semangat berliterasi juga Pak

16 Sep

Setuju pak Arief, mari kita budayakan membaca sampai tuntas, jangan sepenggal. Salam literasi.

15 Sep
Balas

Terima kasih Pak Suhaimi.. Salam Literasiii

16 Sep

Nggih ... siap,Pak. salam literasi.

15 Sep
Balas

Terima kasih Buk Cicik

16 Sep



search

New Post