Pembelajaran Bermakna: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah
Pembelajaran bermakna memberikan pemahaman pengetahuan dan keterampilan kepada siswa dalam jangka waktu yang lama menjadi kecakapan hidup (life skill) siswa. Ilmu pengetahuan yang diperolehnya dapat diimplikasikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana ini bisa dilakukan tentunya memerlukan metode dan strategi yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran.
Metode yang efektif membuat siswa aktif dalam pembelajaran, jika terjadi interaksi dua arah antara siswa dengan guru. Siswa berperan aktif dalam pembelajaran tentunya tidak hanya melihat saja, mereka mendengar dan melakukan. Metode yang digunakan bervariatif tidak terfokus dengan satu metode saja agar tidak membosankan.
Kenyataan di lapangan guru dihadapkan dengan keterbatasan sarana dan prasana, media pembelajaran yang kurang bahkan tidak ada. Oleh karena itu, guru dapat memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitarnya sebagai sumber belajar dan media pembelajaran.
Pemanfaatan kearifan lokal diberdayakan secara maksimal sehingga dapat meningkatkan kecintaan dengan lingkungannya. Disamping itu, menjadi salah satu alternatif mengatasi kekekurangan sarana, prasarana dan sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan lebih kontekstual karena siswa mengenal, mudah memperolehnya dan siswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Binjai, 22 Februari 2019
Wassalam
Arif Fy.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar