Arif Fy

ARIF FAURIYUDDIN GURU SMP NEGERI 12 BINJAI...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tulisan Minus Komentar

Tulisan Minus Komentar

Beberapa tulisan yang dikirim di Gurusiana ternyata tidak semua direspons dengan baik, ada yang dibaca lengkap, ada tidak dibaca sepenuhnya, ada yang hanya membaca judulnya saja, ada tulisan yang ramai dengan komentar, ada tulisan yang sedikit komentar, bahkan banyak tulisan minus komentar.

Suatu kebanggaan dan kepuasaan tersendiri kalau tulisan yang dikirim di Gurusiana banyak yang membaca dan mengkomentarinya. Tapi sebaliknya, ada sedikit perasaan sedih atau kecewa manakala tulisannya tidak dikomentari atau direspons. Namun, hal itu bukan masalah bagi penulis pemula yang mau belajar menulis, justru menjadi pemicu dan motivasi untuk lebih baik lagi.

Pertanyaan yang mengganjal pikiran saya, mengapa ada tulisan minus komentar? Dari beberapa tulisan yang saya kirim di Gurusiana, dan membaca tulisan gurusianer yang lain ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Pertama, judulnya kurang menarik, dengan judul yang menarik membuat pembaca termotivasi untuk membacanya. Komentar pun otomatis akan banyak pada tulisan tersebut.

Kedua, isu permasalahannya tidak faktual, dengan topik yang baru dan hangat membuat pembaca rasa ingin tahu untuk membacanya lebih tinggi daripada masalah yang lama dan biasa-biasa saja.

Ketiga, tulisannya tidak enak dibaca, alur tulisan kurang sistematis, berbelit-belit, bahasanya pun sulit dipahami dan dicerna, sering menimbulkan ambigu, dan kesalahan dalam penulisan kerap kali dijumpai. Tulisan seperti ini tidak enak untuk dilahap dan dibaca. Oleh sebab itu, komentar dan respon pun tidak ada. Seharusnya tulisan seperti ini yang perlu dikomentari menjadi masukan bagi si penulis agar tulisannya bisa diperbaiki.

Ketiga, penulisnya masih pemula, hal ini dapat dimaklumi karena banyak yang tidak kenal dengan penulis pemula, pengikutnya sedikit, maka wajar saja belum ada yang merespons dan mengkomentarinya. Oleh karena itu, sebagai penulis pemula harus banyak belajar dari senior di Gurusiana. Jam tayang penulisan diperbanyak sebagai pembelajaran dan promosi. Dengan semakin banyak tulisan yang dikirim di Gurusiana otomatis semakin banyak yang kenal dan komentarnya juga ikut bertambah banyak.

Semangat untuk menulis terus bergelora dan pantang menyerah. Yakin kita bisa menjadi penulis yang baik. Berikanlah komentar dan respons kepada penulis pemula sehingga bisa membuatnya menjadi terpacu untuk lebih baik lagi.

Salam Literasi.

Binjai, 25 Februari 2019

Arif Fy.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sudah dibaca Bapak dan memberi komentar...tetap semangat...salam literasi

25 Feb
Balas

Betul pak, tulisan saya juga minim komentar kok tapi tidak perlu berkecil hati karena tanpa komentar pun insyaallah tetap ada yang membaca pak. Yang kadang membuat saya heran, tulisan yang berbobot dan bagus tak dapat respon sama sekali, sementara ada tulisan yang biasa saja tapi viral komentar.Memang komentar orang tidak hanya tergantung pada kualitas tulisan saja, yang lebih utama pamor penulisnya pak. Semangat!

25 Feb
Balas

Terimakasih pencerahannya bu

25 Feb

Keep writing. Smile. Dibaca Pak. Hanya kadang memang tidak menjejak. Paketan habis. Hihihi. Ea! Jangan lupa bahagia.

25 Feb
Balas

Senang kali baca komentarnya orang dari Angkasa ....maaf canda pak. Trims .Keep Writing Smile

25 Feb

Sudah saya baca Pak, analisis yang komprehensif. Betul jangan menyerah. Barangkali memfollow gurusianer lain bisa menambah pembaca. Sesama pendatang baru ada baiknya juga saling berkunjung dan membiasakan berkomentar. Jangan langsung berharap mendapatkan arahan dari senior karena tidak semua penulis siap menerima kritik.

25 Feb
Balas

Setuju sarannya Pak . Berbagi dan Maju Bersama

25 Feb

Saya izin baca dan komentar yaa Pak ... hehe ... salam literasi

25 Feb
Balas

Salam Literasi. Trims komentarnya sikit tapi terasa ...he he he

25 Feb

Trmksh pak, sukses selalu. Salam literasi

25 Feb
Balas

Salam Literasi dan Sukses Bu

25 Feb

Terima kasih. Tulisan Bapak sangat menginspirasi saya. Salam literasi

25 Feb
Balas

Salam Literasi dan Kenal . Terimakasih atas kunjungannya sudah memberikan respon. Berbagi, Berkarkarya dan Maju Bersama.

25 Feb



search

New Post