ARIFIN

Arifin terlahir di Jepara pada tahun 1973. Dia anak kampung. Untuk menyelesaikan pendidikan di tingkat SD, dia rela tidak memakai sepatu hingga dia duduk di kel...

Selengkapnya
Navigasi Web
AGEN BAHASA IN ACTION

AGEN BAHASA IN ACTION

Bahasa adalah kebiasaan. Membangun kebiasaan berbahasa dibutuhkan perjuangan panjang. Tidak seperti membangun gedung atau membuat meja kursi, jika ada uang, bangunan pun jadi. Program English Day adalah wadah membangun kebiasaan berbahasa di SMAN 2 Wonosari, Gunungkidul. Program ini berjalan baik jika ada sukarelawan yang menggerakkan dan memandunya. Salah satu penggerak lapangan adalah Agen Bahasa. Merekalah para sukarelawan itu. Sebelum beraksi, para sukarelawan bahasa ini mengasah kemampuannya di PONBAS, yaitu Pondok Bahasa. PONBAS merupakan sebuah komunitas pecinta bahasa yang bersifat mandiri dan fleksibel. Di PONBAS mereka melatih kemampuan berbahasa mereka dari sedikit demi sedikit. Mereka berlatih demi keberlangsungan program English Day di SMADA. Mereka menyusun panduan mingguan untuk materi English Day. Hari Rabu pertama, para Agen Bahasa ini membekali diri dengan tema "Our Class". Mereka siap mengajak berbincang setiap siswa dan guru yang datang ke sekolah pada Rabu pagi. Para siswa dan guru juga harus bersiap menjawab setiap pertanyaan dalam bahasa Inggris. Dengan cara demikian, Agen Bahasa ini sebenarnya sedang menyemai virus berbahasa. Memaksa setiap yang hadir di sekolah untuk menggunakan Bahasa Inggris. Secara perlahan namun pasti, budaya berbahasa pasti tercipta pada suatu ketika. Semua butuh perjuangan, kesepahaman, dan kebersamaan.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post