arif nasdianto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Musyawarah dalam Organisasi Profesi Penilik

Musyawarah dalam Organisasi Profesi Penilik

By Arifnasdianto

Kata musyawarah bagi semua organisatoris pasti sudah tidak asing lagi dan bahkan musyawarah dilaksanakan ketika kita harus membuat keputusan penting dengan mempertimbangkan beberapa hal yakni hasil musyawarah sangat bermanfaat, hasil musyawah merupakan pilihan terbaik, memiliki keuntunangan bersama, merupakan kebutuhan anggota.

Musyawarah yang baik merupakan proses berunding dengan orang lain, yang bersifat kolaboratif dengan melibatkan lebih dari satu pengalaman, kebutuhan, dan perspektif seseorang. Proses Musyawarah tentunya seorang ketua musyawarah lebih mendengarkan perspektif dan pengetahuan semua peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Proses musyawarah mengandung diskusi terhadap semua peserta dan berakhir sebagai hasil dari : pertukaran informasi pengetahuan secara keseluruhan, mendengarkan satu sama lain dan membangun kontribusi dari orang lain.Pimpinan rapat tentunya selalu melibatkan ide-ide bersama, serta membangun peserta rapat untuk tumbuh dalam pengetahuan dan pemahamannya. Karena tujuan musyawarah adalah untuk berbagi perspektif dan pengetahuan serta membangun ide, bukan untuk mempertahankannya.

Berbeda dalam proses debat, dalam debat tentunya peserta selalu berpegang pada posisi harus "memenangkan" argumen dan semua orang akan berakhir di tempat yang berbeda. Debat adalah proses kompetitif yang ada pemenang dan oposisi. Kemudian debat tidak membann gagasan untuk kepetingan bersama tetapi sebaliknya, peserta diperebutkan gagasan hanya untuk mengalahkan peserta lain.

Trik Musyawarah yang yang berhasil.

1. Dalam musyawarah peserta dibebaskan untuk Berbicara tetapi jangan memonopoli percakapan

2. Dengarkan dengan cermat ketika orang bicara. Kemudian mencoba untuk memahami apa yang mereka katakan dan jika berbeda pendapat perlu menanggapi tetapi tidak mencari kemenangan.

3. Hindari membangun argumen untuk melemahkan orang orang lain.

4. Musyawarah adalah berbagi gagasan dan membangun yang baru. Hal ini bukan merupakan kontes gagasan siapa yang pang terbaik.

5. Membantu mengembangkan ide satu sama lain. Dengarkan baik-baik dan ajukan pertanyaan klarifikasi. Misalnya, jika ada hal yang kurang pas tidak sesuai dengan kenyataan.

6. Terbuka untuk mengubah pikiran dalam proses musyawarah. Strateginya mendengarkan pandangan orang lain dengan saksama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang sangat informatif, terima kasih Pak Arif. Sukses selalu.... Buku buat saya sudah dikirimkah Pak.. he he he

10 Apr
Balas



search

New Post