Bernardus Ari Kuncoro

Pendidik Data Science dan Musisi....

Selengkapnya
Navigasi Web

FILOSOFI RANDOM FOREST

Tantangan Menulis Hari ke-198

Oleh: Bernardus Ari Kuncoro

Dalam tulisan sebelumnya ada ulasanku tentang pohon keputusan. Diibaratkan sebagai vegetasi individu yang sedang growing. Ada urutan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Lantas jika ratusan pohon ditumbuhkan, bagaimana?

Begitulah yang namanya algoritma Random Forest. Beragam pohon keputusan disemai secara acak. Dibiarkan mereka memilih sesuai dengan benih-benihnya. Dengan pemilihan variabel maupun observasi yang random.

Sejumlah pohon tertentu yang biasanya tidak kurang dari 100 didewasakan. Hasil akhir keputusannya dapat lebih kuat. Bisa memiliki kekuatan yang mengutamakan kepentingan banyak pihak.

Namun, kelemahannya juga ada. Butuh biaya berupa proses rumit dan waktu yang lama. Pastinya butuh prosesor yang lebih mumpuni.

Jika random forest dan decision tree ini dianggap sebagai sistem pemerintahan sebuah negara, maka negara demokratis inilah yang dianggap sebagai representasi random forest. Sedangkan decision tree ini adalah pengejawantahan dari sistem pemerintahan kerajaan.

Bagus yang mana? Tergantung. Tidak bisa dipukul rata. Ada raja yang cakap dan beres ngatur negaranya. Ada pula sistem pemerintahan demokrasi yang korup dan malah acak kadut ngatur bangsanya.

Bagi seorang manusia yang mau hidup dan berkomunitas dengan berkualitas, membuat keputusan dengan keseimbangan dan kesabaran itu diperlukan. Agar keputusan-keputusan kecil maupun besar bisa diambil tanpa penyesalan.

Santuy. Tapi tetap waspada.

Kalideres, 14 Februari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post