Bernardus Ari Kuncoro

Pendidik Data Science dan Musisi....

Selengkapnya
Navigasi Web

KESADARAN AKAN KESABARAN

Tantangan Menulis Hari ke-187

Oleh: Bernardus Ari Kuncoro

Sadar. Kosakata ini makin banyak dipakai akhir-akhir ini. Banyak yang mulai bermeditasi atau mengolah napas agar bisa mencapai mindfulness. Tahu diri akan kapasitas masing-masing. Mengerti benar apa kelebihan dan kekurangan diri. Sehingga bisa mencocokkan apa yang bisa diberi. Atau apa yang layak diterima dalam sanubari. Dulu, kegiatan meditasi ini sering aku lakukan ketika mau mulai pentas teater. Prep namanya. Alias preparation untuk menjalani suatu karakter.

Sementara itu ada satu kata lain yang punya arti mendalam. Coba anda ganti huruf d menjadi b. Jadilah kata 'sadar' bertransformasi ke 'sabar'. Terminologi ini sering dipakai untuk menasihati individu atau kelompok manusia yang sedang marah. Bisa karena kurang suka dengan keadaan saat itu. Bosan dengan di rumah saja. Harus cari suasana baru, tetapi pandemi belum berlalu. Atau kejadian yang diinginkan tidak sesuai angan. Antara harapan dan realita tidak bertemu. Jadi, sabar.

Anda pernah merasa kesal? Lalu menyesal. Coba Anda lebih sabar. Lalu baru Anda sadar.

Bagaimana jika kondisinya dibalik?

Anda selalu sadar. Bahwa Anda harus sabar. Agar tidak menyesal. Sehingga Anda tidak perlu marah.

Anda pilih yang pertama atau yang kedua?

Well, permainan kata-kata itu mudah. Pelaksanaannya? Jangan lagi ditanya. Sulit, Bung!

Lantas bagaimana? Kesadaran akan kesabaran itu perlu dilatih. Agar nanti tidak mudah tertatih.

Kalideres, 3 Februari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post