Bernardus Ari Kuncoro

Pendidik Data Science dan Musisi....

Selengkapnya
Navigasi Web

KESEMBUHAN

Tantangan Menulis Hari ke-191

Oleh: Bernardus Ari Kuncoro

Sakit. Siapa yang tidak pernah merasakannya? Jarang, ya! Sebagian besar dari Anda pasti pernah mengalami. Setidaknya sakit yang ringan. Misal sariawan akibat gigi nakal menggigit lidah atau bibir ketika makan. Kalau bapak ibu guru sedang bertugas mengajar pasti merasa kurang nyaman dalam berbicara. Lho kok malah curhat?*

Bicara tentang penyembuhan, dalam Perayaan Ekaristi hari Minggu, 7 Februari 2021 ini Romo membacakan Injil dengan kisah tentang ibu mertua Simon yang disembuhkan oleh Tuhan Yesus. Pada masa-masa itulah Dia bekerja. Membuat mukjizat. Sedemikian sehingga dicari banyak orang yang membutuhkan.

Di sela-sela bekerja, Yesus dikisahkan pada pagi-pagi hari berdoa. Dalam hal ini pula Tuhan mengajarkan agar tempat berdoa sebaiknya merupakan lokasi yang mendukung. Maksudnya yang layak ini adalah tempat dengan suasana sepi. Sunyi. Supaya bisa berkonsentrasi. Tidak perlu dilihat orang banyak. Karena yang jadi aktor adalah si pendoa dan Tuhan. Tidak perlu orang ketiga dan kesekian. Makanya sering orang menyebut saat berdoa ini adalah saat teduh. Setelah 'pepanasan'. Waktu yang intim untuk membuka hati dan menenangkan diri.

Misal, Anda saat ini sedang sakit. Supaya sembuh bagaimana? Jangan lupa berdoa. Kepada yang Anda percaya sebagai Maha Pengasih. Tetapi jangan hanya itu saja. Berusahalah. Mencari pertolongan. Yakinlah bahwa Tuhan sudah menyediakan orang-orang atau siapa saja yang akan menolong. Dan, kalau sudah ditolong, ya, jangan ngeyel. Nggresulo. Atau malah cari-cari alasan untuk tidak mematuhi nasihat yang jelas-jelas terbukti menyehatkan. Sudah tahu kolesterol tinggi, tetapi malah makan daging kambing sepiring.

Aku doakan, bagi yang sedang sakit, semoga lekas sembuh dan dipulihkan.

Bagi yang sehat, tetap jaga kesehatan dan semoga makin bugar.

*Penulis saat ini sedang pemulihan sariawan akibat tidak sengaja sela-sela giginya menjepit lidah waktu selilitan. Tolong jangan ditirukan. Nanti Anda jadi ikut-ikutan.

Semoga besok sudah sembuh dan mudah berbicara.

Kalideres, 7 Februari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post