Bernardus Ari Kuncoro

Pendidik Data Science dan Musisi....

Selengkapnya
Navigasi Web

LANGKANYA TALENTA KECERDASAN ARTIFISIAL HANDAL

Tantangan Menulis Hari ke-201

Oleh: Bernardus Ari Kuncoro

Empat tahun lalu ketika aku didaulat untuk memberikan training atau seminar oleh IYKRA, tidak terbersit sedikit pun bayangan bahwa keahlian kecerdasan artifisial ini akan nge-hype seperti sekarang. Rasanya senang sekaligus tertantang. Masa depan bidang ini makin cerah. Tambah banyak yang berminat agar keahlian ini terbangun dan terasah. Talenta-talenta muda mulai bersemangat membara untuk menaklukkan permasalahan melalui data dan teknologi.

Meskipun begitu, pada 15 Februari 2021, Harian Kompas menulis prediksi mengejutkan sebagai berikut. "Tahun 2030, Indonesia kekurangan talenta teknologi diperkirakan 9 juta orang." Sumber ini berasal dari World Bank, yang kalimat aslinya berbunyi demikian. The World Bank estimates that between 2015 and 2030, there will be a shortage of 9 million skilled and semi-skilled ICT workers in Indonesia (WorldBank: Preparing ICT Skills for Digital Economy: Indonesia within the ASEAN context). Well, sembilan juta orang ini setara dengan dua kali jumlah Aparatur Sipil Negara pada 2020. Tidak main-main jumlahnya.

Beberapa perusahaan terdepan juga tidak mau menunggu terlalu lama. Sebut saja GoJek, Tokopedia, BCA, Telkomsel, Dana, dll.. Mereka membuat pelatihan-pelatihan serupa agar para talenta siap bekerja menyemai kecerdasan artifisial. Berbasis data dan teknologi. Hal ini dilakukan mengingat lulusan perguruan tinggi yang baru belum mumpuni untuk bekerja dengan budaya yang agile dan adaptif.

Buat yang masih ragu untuk belajar bidang data. Nggak usah menunggu. Tak usah bimbang dan ragu. Tidak ada gunanya menunda-nunda atau mengulur-ulur waktu. Jadilah kreatif dan handal. Kembangkan talenta agar tidak terpental.

Masak kalah sama negara India yang di setiap sudut kota ada ruko yang menyediakan sekolah koding?

Kalideres, 17 Februari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post