Arinil Janah

Arinil Janah, Ibu dari 4 anak, berprofesi sebagai guru SDIT Luqman Al Hakim Sleman. menyukai dunia pendidikan, kajian keislaman, penelitian, seni teater, wiraus...

Selengkapnya
Navigasi Web

Di Balik Layar Pembelajaran Daring

Tak terasa sepekan sudah pembelajaran daring tahun pelajaran 2020/2021 berlangsung. Bagaimana pembelajaran daring di sekolah sahabat guru sekalian? Pasti ada banyak cerita. Kali ini saya akan menceritakan bagaimana guru-guru disekolah kami mengupayakan pembelajaran daring dengan baik. Tahun ajaran baru ini kami berusaha mengupayakanbanyak perbaikan dari pembelajaran daring 3 bulan yang lalu di tahun pelajaran sebelumnya. Tentu saja perbaikan yang kami lakukan berdasarkan evaluasi dari berbagai aspek dan berbagai kalangan.

Tahun ajaran baru ini, pembelajaran daring menggunakan Learning Management System (LMS). Perangkat yang kami gunakan adalah Moodle. Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. MOODLE merupakan paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy.

Menggunakan moodle para guru dapat memberikan materi berupa teks maupun video. Untuk video pembelajaran sekolah kami mempunyai channel youtube. Para guru tinggal mengkopi link url pada cannel youtube diunggah di moodle. Setiap harinya rata-rata tiap kelas mengunggah 3 video pembelajaran. Video pembelajaran ini selain sebagai sarana pembelajaran juga dapat sebagai obat rindu peserta didik terhadap gurunya. Alhamdulillah orang tua menyambut baik video pembelajaran ini, karena menjadi solusi bagi orang tua yang tidak bisa mendampingi anak-anaknya di jam regular pembelajaran yang telah di tetapkan sekolah. Mereka tetap bisa mengikuti pembelajaran di waktu lain.

Setiap hari guru datang ke sekolah untuk menyiapkan content pembelajaran. Kelas-kelas kami sulap menjadi studio untuk pengambilan video, sedangkan laboratorium kami ubah manfaatkan sebagai ruang produksi untuk proses editing video pembelajaran.

Salut untuk semua guru di Indonesia yang tak mau menyerah pada kondisi Pandemi covid-19. Di tengah keterbatasan tetap mengupayakan yang terbaik bagi anak bangsa.

Demikian sedikit cerita di balik layer pembelajaran daring sekolah kami. Mohon dukungan untuk channel youtube kami. Mohon partisipasinya memberikan apresiasi positif dengan menuliskan di kolom komentar dan jangan lupa like, share dan subscribed channel ALLSMART EDU. Berikut linknya:

https://www.youtube.com/channel/UCrYH8-fN2lYsxwKMePM4vZQ/featured

#tantangan menulis

#haripertama

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

wa fiik barakillahu. aamiin. makasih, bunda.

19 Jul
Balas

Wow, pembelajaran yang keren Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

19 Jul
Balas

wa fiik barakillahu. aamiin. makasih, bunda.

19 Jul

Mantap..pembelajaran terpaduyg bisa dijadikan rujukan..salut

19 Jul
Balas

makasih, Pak. salam literasi

20 Jul

Wah kreatif guru-guru. Semoga sukses Bu.

22 Jul
Balas

keren bu

19 Jul
Balas

Aamiin. makasih, bunda

19 Jul



search

New Post