Arisnelwati, S. Pd.

Arisnelwati lahir di Lubuk Laweh, 1 Juni 1983. Mengikuti jenjang pendidikan formal Mulai dari SD 60 Pulau Aie, MTsN Tandikat, SMKN 1 Padang Panjang, dan S1 di U...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ceramah Ustad Arafat

*SUNAN GIRI*

Belum lama anak saya mendapat tugas sekolah dari gurunya untuk mencari biografi tentang Sunan Giri, salah satu dari sembilan Wali Songo yang menyebarkan Islam di pulau Jawa.

Ternyata, Sunan Giri itu memiliki banyak nama. Beliau juga dikenal sebagai Raden Paku. Nama beliau yang lain adalah Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan terakhir beliau juga bernama Joko Samudra.

Pepatah Arab mengatakan, banyaknya nama menunjukkan tingginya kedudukannya. Itulah mengapa Sunan Giri memiliki banyak nama dan julukan.

Setali tiga uang, bulan Ramadhan juga memiliki banyak nama. Hal ini menunjukkan kedudukannya yang tinggi. Di dalam kitab karangan Sayyid Zain Muhammad Alaydrus sekurangnya ada tujuh belas nama bulan Ramadhan yang disebut dalam Al-Quran maupun Hadist.

Di antaranya adalah Syahrul Quran, Syahru Shiyam, Syahru Qiyam, Syahru Rahmat, Syahru Riziq, dan lain-lain.

Mari kita fokus kepada satu nama yang disebut terakhir, yaitu _Syahru Riziq_ (Bulan Rezeki). Mengapa Ramadhan disebut Bulan Rezeki? Karena Rasulullah sendiri yang menyebutkan dalam hadist yang disampaikan Sahabat Salman,

"Bulan Ramadhan adalah bulan dimana di dalamnya ditambahkan rezeki orang-orang mukmin" (Hadist Riwayat Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi)

Semoga Allah memberikan kita karunia rezeki berkah berlimpah di bulan Ramadhan ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren bunda

07 Apr
Balas



search

New Post