Aris Surjanti

Guru SMP Negeri 1 Teluk Bayur Berau...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jiwa Sehat, Raga Kuat, Karya Hebat

Jiwa Sehat, Raga Kuat, Karya Hebat

Sehat itu ketika bangun pagi masih bisa menghirup udara segar, bisa menikmati indahnya rasa syukur kepada sang pencipta, bisa menikmati lezatnya menu sarapan yang sederhana, bisa mengobrol santai bersama keluarga, bisa menjalani hari dengan produktif dan melakukan tugas yang diamanahkan dengan penuh tanggung jawab dan rasa bahagia. Kesehatan bisa diartikan sebagai suatu keadaan yang sehat, baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan kita untuk dapat menjalani hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Namun tak selamanya kita berada pada kondisi jiwa yang sehat. Kondisi jiwa sehat ditandai dengan perkembangan fisik, mental, spiritual dan sosial yang membuat kita menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. Jiwa menjadi tidak sehat bisa disebabkan berbagai macam gangguan. Masalah yang berlarit-larut, aktivitas sehari-hari yang terganggu secara terus-menerus, mengalami situasi traumatis, mengalami kecanduan, dan penerapan gaya hidup yang tidak sehat.

Self-Care merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan agar dapat menjaga kesehatan mental. Namun ternyata kita sering salah langkah sehingga membuat Self-Care yang kita lakukan menjadi tidak sehat. Olahraga tapi demi impresi orang lain. Keasyikan melakukan hobi padahal badan butuhnya istirahat. Keseringan order makanan favorit yang ternyata junk food. Self-Care yang sehat itu misalnya, tidur yang nyenyak, membeli barang yang sudah diinginkan sejak lama, mengirim bunga atau kartu ucapan untuk diri sendiri, atau sekedar menonton film favorit.

  Jiwa yang sehat akan mendukung terwujudnya raga yang kuat. Tubuh yang sehat dan kuat diperoleh dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Kita sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari, termasuk makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein, kita dapat mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, telur, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar. Sementara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, kita dapat memperolehnya dari nasi merah, oat, dan roti gandum. Konsumsilah aneka jenis sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika. Buah juga sangat baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur.

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah dengan aktif bergerak dan rutin berolahraga. Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga mampu mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang diderita, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker. Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat olahraga tersebut, disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan waktu selama 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri. Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri maupun lingkukan sekitar. Dengan begitu, kita terhindar dari serangan berbagai penyakit. Menjaga kebersihan yang baik dengan cara mandi setiap hari, rajin mencuci tangan serta selalu menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.

Ketika jiwa dan raga kita sehat, maka kita akan lebih produktif bekerja dan berkarya. Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Terkadang sebagian orang membutuhkan tempat yang hening dan suasana yang nyaman. Kondisi tubuh yang sehat dan pikiran yang tenang juga sangat mendukung dalam melahirkan ide-ide cemerlang dan imajinatif. Penulis akan lebih mudah merangkainya menjadi tulisan sehingga tercipta sebuah karya yang menarik. Marilah kita selalu menjaga kesehatan jiwa dan raga demi menggapai kualitas hidup yang lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga lolos lomba bulan ini ya ibu Aris Surjanti. Baarakallaahu fiik

07 Sep
Balas

Terimakasih banyak Pak. Alhamdulillah lolos lagi

20 Sep



search

New Post