Arlina

Menulis merupakan tantangan sekaligus ambisiku. semoga lahir tulisan yang lebih baik lagi....

Selengkapnya
Navigasi Web

Belajar No, Game Yes

Pandemi sudah berlalu, tetapi efeknya masih ada. Terutama bagi siswa saya. Efek dari pandemi adalah munculnya virus malas, lebih suka main game daripada belajar, sibuk di dunia maya, sering main aplikasi seperti instagram, tik tok dan sebagainya. Akibatnya siswa lebih cendrung bersikap pasif, individualistis yang tinggi, kurang empati, terkesan sibuk dengan “dunia” mereka sendiri. Kecendrungan mereka bermain ini berimbas di kelas yang saya ajar.

Suatu ketika untuk membuat siswa lebih tertarik belajar Bahasa Inggris, saya memberikan beberapa game. Tanpa mereka sadari, mereka sebenarnya sudah belajar sambil bermain, minimal mereka belajar kosakata baru dalam Bahasa Inggris. Mereka tampak bersemangat dan antusias sekali. Individualistis mereka hilang seketika.Semua terlihat akrab dan kompak satu sama lain, semangat dan berpacu dalam game. Kelas pun tampak hidup dan ceria.

Setelah merasa cukup waktu untuk bermain, saya pun berkata, “Okay class, now we come to our lesson today. It is about…" ( "Oke kelas, hari ini kita akan mempelajari materi tentang…”). Belum selesai kalimat yang saya lontarkan, tiba-tiba semua siswa bersorak seperti sedang hiruk pikuk di “pasar pagi” yang ada di kawasan kelurahan sekolah kami, sembari berkata “eeeee…”. Saya langsung terdiam dan bertanya, “Jadi maunya masih ingin main game terus?” Mereka pun berkata: “Masih Miss Lin, nanti aja belajarnya!”. Walau agak kecewa, harus tetap sabar menghadapi siswa yang baru tumbuh ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maantap Buk Lin, sukses kedepannya dengan tulisan terbaik

11 Mar
Balas

Trimakasih ni Nice...Aamiin

11 Mar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

11 Mar
Balas

Terimakasih Pak Dede. Salam Literasi

11 Mar

Mengalir mulus idenya Miss Lin, cuma saran hati2 dg tanda baca. Barangkali gak ketekan aja. Btw, keren menewen pokok e

11 Mar
Balas

Terimakasih masukannya ni Nanda. Semoga bisa lebih baik lagi...

11 Mar

trimakasih Dede. salam kembali Pak...saya baru coba -coba nulis lagi nih Pak

11 Mar
Balas

Thanks a million Era....Salam Lietrasi

12 Mar
Balas

Alhamdulillah. Thanks Era Khairani.....Salam Literasi

12 Mar
Balas

Tulisan yang sederhana dan nyata, saya pun mengalami hal yang sama dimana murid lebih memilih buka tik tok dari pada buka buku pelajaran. Good job bu Alin...semangat yang patut ditiru.

11 Mar
Balas

Thanks Bu leni....kita harus tetap spirit Bu

12 Mar

Mantap uniquhTulisan yang memberi inspirasi ketika menghadapi masalah murid dalam mengikuti pbm di kelas. Semangat.... Salam Literasi.

11 Mar
Balas

Thanks Fitri....semoga menginspirasi. salam Literasi

12 Mar

Memang betul un,anak sekarang cendrung slow respon terhadap orang sekitarnya kecuali ada hal yang sangat menarik bagi mereka.Baru mereka cepat meresponnya.Ide yang bagus apabila kita menggunakan game dalam pembelajaran

12 Mar
Balas

Thanks yur...

13 Mar

You are the best, Alin

12 Mar
Balas

Thanks a bunch buk Alef

13 Mar

Sangat menginspirasi Miss Lin

12 Mar
Balas

Alhamdulillah. Thanks Era...

12 Mar



search

New Post