Armaya sari

PENTINGNYA MENULIS BAGI KU Menulis adalah bagian dari hidup ku. Aku adalah tipical manusia kurang dapat mengungkapkan perasaan langsung. Kala aku dulu menyukai...

Selengkapnya
Navigasi Web

Misi-misi manusia

Misi-misi manusia

Menjadi manusia katanya sih mahluk paling sempurna dan paling keren. “apa iya sih jadi manusia itu keren, hingga malikatpun cemburu terhadap manusia?”. Allah adalah Zat Yang Maha Agung yang menciptakan manusia. Allah menciptakan manusia dengan kekuasaanya dan kemaha dahsyatannya membuat manusia tidak ada pilihan selain dari mengabdi dan melakukan apa yang Allah inginkan. Bahkan ketika memilih untuk tidak taat dan patuh pun manusia lah yang akan merugi. Allah telah memberikan jalan terbaik dan dampak yang baik akan didapatkan oleh manusia.

Jadi manusia yang terlahir dan hidup di bumi rasanya tidaklah sempurna bila manusia tidak mempunyai misi-misi yang harus menjadi targetnya kenapa manusia itu diciptakan. Allah menciptakan manusia itu punya maksud dan tujuan lho. Menjadi manusia bukan hanya benda hidup yang tinggal dan numpang hidup di bumi lho, tar bumi ngutuk kamu baru tau,hihihi....just kidding. Perintah Allah untuk taat dan menyembah Allah adalah sebagai bentuk kasih sayang Allah agar manusia tidak merugi. Ketika manusia menyembah atau menjadikan hal lain sebagai Illah atau Tuhannya, maka dia tidak akan mendapatkan apa-apa selain kerugian.

Di zaman dahulu ada masyarakat yang menyembah berhala berupa patung. Tentunya orang tersebut merugi karena patung yang merupakan batu atau benda mati, tidak bisa berbuat apapun malah berbicara pun tidak bisa. Manusia yang menjadikan kebebasan diri dan hawa nafsu sebagai tuhannya juga akan malah merugi. Hawa nafsu dan kebebasan manusia tidak bisa menuntun manusia malah akan menyesatkan. Untuk itu, Manusia seharusnya menjadi raja bagi kebebasan dan hawa nafsunya bukan justru diperbudak.

Contohnya sudah banyak, seperti minum-minuman keras, pergaulan bebas, dan lain sebagainya membuat manusia akhirnya malah tersesat dan terperosok. Bukan menjadi baik dan teratur hidupnya malah justru sebaliknya.

Apasih misi-misi manusia itu?

1. Menjadi pemimpin dan melindungi bumi dari kerusakan

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS : Al Baqarah : 30)

Khalifah di muka bumi dilakukan oleh semua orang. Keluarga, pekerjaan, lingkungan sekitar, masyarakat, dan negara adalah lingkup dari khalifah fil ard. Untuk menjalankannya maka kita membutuhkan ilmu pengetahuan dan skill untuk bisa berkarya bagi kelangsungan dan kelancaran kehidupan manusia di bumi menjadi seimbang atau mengalami kerusakan.

Misi yang selanjutnya adalah menjadi agent of change (Khilafah), khilafah atau agent of change disini artinya bukan hanya pemimpin, seperti Presiden, Gubernur, atau kepala-kepala lainnya,tetapi setiap kita menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri.

2. Beribadah kepada Allah

“Dan aku tidak meniciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku”. Ungkapa tersebut termuat dalam Qs. Adz-Dzariyaat : 56. Hem... da taukan misi diciptakannya manusia hanya untuk beribadah lho bukan untuk hura-hura, catatan ya....Ibadah yang dimaksudkan juga bukan melulu duduk dan berzikir di mesjid. Segala aktivitas hidup kita yang hanya mengaharap Ridhonya Allah itu bernilai ibadah lho.

Misi yang selanjutnya adalah menjadi agent of change (Khilafah), khilafah atau agent of change disini artinya bukan hanya pemimpin, seperti Presiden, Gubernur, atau kepala-kepala lainnya,tetapi setiap kita menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri.

Penyebab kehancuran di muka bumi ini juga disebabkan oleh manusia lho. Kerusakan bumi yang paling utama disebabkan oleh kerusakan jiwa manusia itu sendiri yang berasal dari hati. Selain itu kerusakan bumi dapat juga disebabkan oleh rusaknya sumber daya manusia yang menjunjung tinggi kepentingan pribadi di atas kepentingan golongan.

Penyebab kehancuran ini juga tertuang dalam Qs. 13 : 11. Untuk kita sebagai manusia yang mengemban tugas menjaga bumi ini dari kehancuran adalah dengan tidak merusak lingkungan dan menjaganya demi keberlangsungan mahluk hidup lainnya. Mari kita perbaiki diri demi kelangsungan hidup kita di bumi dan demi misi kita sebagai manusia.

#tantangan gurusiana hari ke-27#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul tulisannya, Bu.

26 Feb
Balas

Mantul

26 Feb
Balas



search

New Post