Artha Kristanti

Mengajar di SMPN 5 Yogyakarta, salah satu keberuntunganku. Ditengah tengah siswa cerdas, membuat aku tidak boleh berhenti belajar dan berinovasi. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ratu Yang Kejam

Ratu Yang Kejam

Film Narnia I menceritakan seorang wanita bernama Jadis yang mengganggap dirinya ratu di negeri Narnia. Jadis sebenarnya penyihir jahat yang mengutuk negeri Narnia. Selama beratus ratus tahun mengalami musim dingin, sehingga seluruh negeri diselimuti salju sepanjang masa. Jadis tahu ramalan bahwa akan datang dua putra Adam dan dua putri Hawa yang berhasil membebaskan Narnia dari kutukan musim dingin. Meraka juga dapat mengalahkan nya. Peter, Susan, Edmund, dan Lucy adalah manusia yang masuk ke negeri narnia melewati sebuah almari. Keempat anak itu oleh Jadis dianggap dua putra Adam dan dua putri Hawa, sehingga dia berencana membunuhnya. Disusunlah rencana busuk untuk menjebak keempat anak itu, tetapi rencana itu tidak berhasil. Kekejaman Jadis tidak hanya itu, ia juga menyihir selurih penghuni istana menjadi batu. Rakyat Narnia tidak tinggal diam, mereka ingin memberontak dan menggulingkan ratu Jadis. Peter, Susan, Edmund, dan Lucy ingin membantu. Karena kekuatan mereka lemah maka mereka meminta bantuan Aslan sang singa. Dengan pertempuran yang sengit, pasukan Jadis berhasil di kalahkan, dan Jadis berhasil di bunuh.

Ternyata di dunia hewan terdapat juga ratu yang kejam. Itu bisa dijumpai pada koloni lebah.

Lebah adalah hewan yang bisa melakukan reproduksi seksual maupun aseksual. Di dalam koloni lebah terdapat tiga jenis lebah yaitu ratu yang menghasilkan telur, pekerja berjenis kelamin betina yang mandul dan tidak dapat bereproduksi dan lebah jantan yang bertugas untuk menjaga sarang dan menjadi pasangan ratu untuk bereproduksi secara seksual. Ratu lebah adalah ratu yang kejam didalam sarangnya. Tidak ada yang boleh berkuasa selain sang ratu. Jika ada ratu lain dalam sarangnya dia akan mengusirnya dengan sengatnya. Ratu tetap hidup walaupun berali-kali menyengat berbeda dengan lebah pekerja akan mati setelah sekali menyengat. Ratu juga membuat anak-anak betinanya mandul sehingga hanya ratu yang dapat menghasilkan telur untuk menjaga kekuasannya di dalam sarangnya. Usia ratu bisa mencapai 3 tahun tetapi lebah pekerja hanya 3 bulan, itu karena ratu seumur hidupnya makan royal jelly sehingga tubuhnya kebal terjadap penyakit dan dapat berusia lebih panjang. Kekejaman lebah ratu dapat juga dilihat saat melakkan reproduksi seksual karena lebah pejantan akan mati seusai mengawini lebah ratu. Lebah jantan mati karena kantong sperma terpisah dari tubuhnya dan tertinggal dalam spermathecalnya ratu . Ratu dapat melakukan perkawinan dengan 30 pejantan sampai spermathecanya penuh dengan spermatozoa. Artinya ratu menyebabkan 30 pejantan mati setelah mengawininya. Itulah yang menyebabkan tidak ada raja dalam sarang lebah.

Ayo, kita akan membahas reproduksi aseksual dan seksual lebah. Partenogenesis adalah reproduski aseksual yang dilakukan lebah. Ratu dapat menghasilkan 2500 telur sehari tanpa dibuahi sperma terlebih dulu . Telur tersebut diletakkan ke dalam sebuah sel. Sel tersebut akan menetas menjadi larva dalam waktu tiga sampai empat hari. Ribuan larva hasil partenogenesis tersebut, hanya memiliki setengah kromosom ratu, atau disebut haploid. Mereka tidak bisa melakukan reproduksi. Tugasnya memastikan pasokan makanan untuk anggota koloni berjalan lancar . Lebah pekerja dibagi menjadi beberapa kelompok yang memiliki tugas masing-masing. Ada yang bertugas mencari makanan berupa serbuk sari dan nektar yang nantinya akan diolah menjadi madu. Ada yang bertugas bersih-bersih sarang, merawat telur, larva, dan pupa. Ada yang bertugas menjadi securiti, menjaga keamanan sarang dari gangguan predator.

Lebah ratu mampu melakukan reproduksi seksual, karena sang ratu pun butuh penerus yang diploid tidak mandul untuk menurunkan tahta kerajaannya kelak. Ratu memilih sendiri pejantan yang ada di dalam koloninya. Mereka pun kawin dan menghasilkan larva-larva diploid baru. Jika anaknya nanti ada yang betina, maka itulah yang akan menjadi calon penerus tahta kerajaan oleh karena itu setiap hari diberi makan royal jelly oleh lebah pekerja. Jika anaknya jantan, maka mereka nantinya akan menjadi penjaga sang ratu, dan salah satu yang paling kuat akan mengawini ratu selanjutnya. Inilah cara reproduksi aseksual lebah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post