Arysepthanauly Pohan

PESERTA PELATIHAN SAGUSABU (SATU GURU SATU BUKU) DKI JAKARTA ANGKATAN VIII (2 - 3 NOVEMBER 2019)...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 10)
TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 10)

TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 10)

CAKE CARAMEL RESEP TEMPO DOELOE ASLI DARI NEGARA BELANDA

Iseng aku melihat resep - resep kue cake caramel yang ada di google dan youtube. Aku terheran - heran karena bahan dan cara membuatnya beda sekali dengan yang diajarkan almarhumah ibuku.

Ibuku belajar membuat kue - kue dan masakan mulai dari masakan Eropa, Indonesia dan Mandarin ketika beliau belajar di sekolah kepandaian putri pada zaman Belanda masih ada di Indonesia. Ibuku bilang, hampir semua gurunya adalah orang Belanda dan di sekolah menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa percakapan.

Kepandaian yang diperoleh ibuku, kemudian dipraktekkannya dengan sering menerima pesanan makanan maupun kue. Bila ibu sudah menerima pesanan catering, maka semua anggota keluarga dilibatkan dan semua anaknya (laki -laki dan perempuan) diajarkan resep - resep yang beliau kuasai. Tapi akhirnya anak - anaknya yang kemudian memilih apa yang mereka akan kuasai, salah satunya aku.. aku lebih memilih menguasai membuat kue, daripada membuat masakan.

Salah satu kue yang sering aku buat adalah cake caramel. Karena seringnya ibu menerima pesanan cake caramel dan selalu aku yang disuruh ibu untuk membuatnya, aku jadi hapal dengan bahan, takaran dan cara membuatnya sehingga bisa membuat 10 loyang cake caramel dengan cepat. Apakah moms mau mencobanya? Inilah resep cake caramel tempo doeloe yang diajarkan almarhumah ibuku berdasarkan resep asli dari negara Belanda.

Bahan Air Gula Caramel:

Gula pasir, 2 gelas belimbing

Air, 2 gelas belimbing

Membuat Air Gula Caramel:

Gula dipanaskan dalam panci sampai semuanya meleleh merata. Bila mau cakenya berwarna coklat gelap, maka gulanya dipanaskan sampai berwarna gelap (tapi tidak gosong), baru kemudian dituangkan air ke dalamnya. Saat menuang airnya, tangan jangan terlalu dekat ke panci agar tidak terkena cipratan airnya.

Bila menginginkan warna cakenya cerah / coklat muda, maka ketika gulanya baru mulai meleleh merata, langsung di tuangkan airnya.

Biarkan air dan gula tersebut menyatu sambil pelan – pelan diaduk dengan sendok kayu, sampai gula caramelnya semua larut dalam air, menjadi air gula caramel. Setelah menjadi air gula caramel, matikan kompor dan biarkan air gula caramelnya dingin di dalam pancinya. Bila sudah dingin, air gula caramelnya boleh dituang ke mangkok dan saat dituang sambil di saring, supaya tidak ada kotoran yang terbawa masuk ke dalam adonan kue.

Bahan Cake Caramel:

Telur 8 butir

Mentega 1 cup

Tepung Terigu 2 gelas belimbing munjung

Susu kental manis (carnesen atau cap nona) 1 kaleng

Air gula caramel

Baking powder 1 sendok makan peres

Soda kue 1 sendok makan munjung

Vanili secukupnya

Persiapan Bahan Cake Caramel:

1. Tahap pertama tepung diayak dahulu, supaya tepung yang dipakai benar – benar halus dan tidak ada kotorannya.

2. Tahap kedua, (bila membuat kue lebih dari 1), pecahkan telur satu persatu dan di taruh dalam mangkok, supaya ketika kita sedang mengaduk adonan kue, tidak perlu repot memecahkan telurnya.

3. Tahap ketiga, lapisi baking pan dengan mentega tipis – tipis sampai merata, kemudian taburi dengan tepung yang sudah di ayak sampai merata. Tujuan mengolesi mentega dan tepung, supaya adonan tersebut (setelah dibakar) tidak lengket ketika dikeluaran dari baking pan. Baking pan sudah siap digunakan.

4. Tahap ke empat, buka bagian atas kaleng susu kental manis, sehingga gampang untuk menuangkannya ke adonan.

5. Bersihkan tangan kita, bila kuku panjang, potong kukunya.

6. Siapkan baskom untuk wadah membuat adonan kue (periksa dulu supaya tidak ada aroma tidak sedap yang menempel di baskom tersebut).

-Sendok makan untuk takaran baking powder, soda kue dan vanilla.

-Scraper / spatula silicone / sendok karet untuk membersihkan tangan kita dari adonan atau untuk membersihkan baskom dari adonan saat kita menuang adonan ke baking pan.

-Garpu, atau tusukan sate yang bersih, untuk mengecek kematangan cake.

-Pisau, untuk mengecek adonan tidak lengket di baking pan.

-Piring datar 2 buah untuk mengeluarkan cake caramel dari baking pan dan sebagai piring saji.

Cara membuat Cake Caramel:

1. Masukkan tepung terigu, mentega, baking powder, soda kue dan vanili. Aduk dengan tangan kita sampai semua bahan tersebut tercampur rata.

2. Sambil tangan terus mengaduk, masukkan telur (yang sudah dipecahkan), sedikit demi sedikit sampai habis, aduk terus dengan tangan, sambil tangan merasakan adonan sudah tidak ada yang menggumpal.

3. Tuang air gula caramel yang sudah dingin ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan tangan agar antara adonan dengan air gula caramel menyatu.

4. Setelah adonan yang cair ini dirasakan merata, tangan baru dibersihkan dengan spatula / sendok karet. Kemudian tangan dicuci bersih dengan air. Adonan pelan kita aduk dengan spatula sambil memasukkan cairan susu kental manis ke dalam adonan.

5. Setelah semua susu kental manis masuk ke dalam adonan, kita tetap terus mengaduknya dengan menggunakan spatula sehingga adonan benar – benar merata berwarna coklat emas.

6. Siapkan baking pan, masukkan adonan secara perlahan ke dalam baking pan. Setelah tertuang merata, tutup baking pan dalam posisi terkunci lubang udaranya, sehingga ketika dibakar, adonan bisa naik dengan cepat dan merata.

7. Siapkan alas baking pan di atas kompor, nyalakan kompor. Rasakan panasnya api sudah merata di alas baking pan, baru kemudian taruh baking pan. Maka adonan cake caramel siap dibakar.

8. Diamkan selama 25 sampai 30 menit, sambil sesekali dilihat naiknya adonan melalui kaca pada tutup baking pan. Setelah adonan terlihat naik, dan tidak ada lagi gelembung – gelembung di adonan yang sedang dibakar, serta mulai tercium wanginya kue, maka tutup baking pan baru di buka. Kemudian masukkan tusukan sate / garpu di tengah adonan. Bila saat tusukan sate / garpu ditarik dari adonan, sudah tidak ada adonan yang menempel, menandakan bahwa cake caramel sudah matang.

9. Matikan kompor, diamkan cake sebentar di dalam baking pan. Pakai pisau untuk memeriksa cake caramel tidak menempel di dinding baking pan. Kemudian goyang – goyang baking pan secara perlahan sehingga cake caramel terlihat lepas dari baking pan. Taruh piring datar di atas baking pan untuk memindahkan cake caramel dengan cara membalikkan baking pan. Setelah cake caramel keluar dari baking pan, tapi posisi masih terbalik ( sisi bawah / dasar kue menghadap ke atas, sisi atas kue menghadap ke bawah) maka taruh piring datar yang kedua di sisi bawah kue, kemudian balikkan.

Cake caramel sudah siap untuk dihidangkan. Cake caramel lebih enak di santap dalam keadaan sudah dingin (tidak panas).

Cake caramel bisa bertahan 3 hari di luar kulkas.

Selamat mencoba....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post