Arysepthanauly Pohan

PESERTA PELATIHAN SAGUSABU (SATU GURU SATU BUKU) DKI JAKARTA ANGKATAN VIII (2 - 3 NOVEMBER 2019)...

Selengkapnya
Navigasi Web
                                                 PRABU SILIWANGI
TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 14)

PRABU SILIWANGI

Banyak kisah tentang Prabu Siliwangi, Semua rata - rata menceritakan seorang raja yang gagah, memegang senjata kujang dan selalu diiringi harimau putih yang besar. Raja yang memerintah di wilayah Jawa Barat.

Almarhumah ibu pernah berpesan, jangan lupa dengan sejarah leluhur. Carilah siapa dirimu dan siapa yang mendampingi kamu. Awalnya aku tidak paham dengan omongan ibu. Tapi aku suka mendengar cerita ibu di zaman perang, diajak mengungsi di dalam hutan di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Ketika itu usia ibu masih 5 tahun, neneknya mendudukkan ibu di batu besar. Kemudian ibu menggerakkan kaki mungilnya seolah - olah sedang mengelus sesuatu sambil berkata kepada neneknya,"Nini.. aya maung ni, aya maung ni, maung bodas". Teryata apa yang dilihat ibu saat kecil itu, hanya ibu saja yang bisa melihatnya, dan ibu berkata bahwa apa yang dilihatnya itu adalah "karuhun" yang selalu menjaga keluarga kami yang merupakan pengawal dari Prabu Siliwangi.

Makin penasaran aku dengan pesan dari ibu, apalagi sejak aku kuliah di jurusan sejarah. Makin banyak kisah yang aku dapatkan tentang siapa itu Prabu Sliliwangi. Banyak lukisan Prabu Siliwangi sedang memegang senjata kujang, tapi akhirnya aku menemukan lukisan Prabu Siliwangi yang sedang memegang senjata keris menandakan bahwa beliau berasal dari Jawa Tengah. Aku bersyukur, sedikit demi sedikit aku mendapatkan informsi tentang Prabu Siliwangi, tokoh yang aku kagumi.

Apa yang dilihat ketika ibuku saat kecilnya tentang karuhun, sedikit demi sedikit mereka juga mulai mendatangi aku. Tapi aku tidak takut dengan kedatangan mereka, karena aku yakin mereka semua itu baik dan bersifat melindungi keturunannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post