Arysepthanauly Pohan

PESERTA PELATIHAN SAGUSABU (SATU GURU SATU BUKU) DKI JAKARTA ANGKATAN VIII (2 - 3 NOVEMBER 2019)...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 5)
TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 5)

TANTANGAN 30 HARI MENULIS (HARI KE 5)

PELATIHAN MEMBUAT PTK, PENGEMBANGAN DIRI DAN MENGHITUNG DUPAK

Setiap kali kita, guru, mau kenaikan golongan... pasti kendala kita adalah "Bagaimana cara buatnya??? atau Bagaimana cara menghitungnya???"

Selalu ... dan selalu, itu akan menjadi dilema untuk kita. Sehingga kadang, ada yang mengambil jalan termudah. Tidak berpikir, tidak cape, tapi jadi.... alias semua diserahkan kepada orang lain dan uang yang berbicara.

Saya pun, sempat mengalami dilema tersebut. Banyak yang sudah menawarkan untuk meminta tolong ke jasa pembuatan... tadinya saya tertarik karena saya mau cepat jadi dan tidak mengganggu kesibukan saya mengajar. Tapi akhirnya saya berpikir ulang lagi untuk tawaran tersebut.... Kalau saya ikut memakai jalan tol, lalu.... kapan saya bisanya??? Kan semakin tinggi saya mengurus kenaikan, semakin besar juga yang harus dikeluarkan.

Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jalan berpikir... ya, kita harus menggunakan otak dan kemampuan kita sendiri untuk bisa membuat PTK, membuat Pengembangan Diri dan menghitung DUPAK. Saya memotivasi diri saya sendiri dengan pikiran "GUE HARUS BISA".

Saya ikuti pelatihan pembuatan PTK, tempat pelatihan yang direkomendasikan teman saya bagus karena pembimbingan mereka kontinyu... saya daftar secara online, walaupun berbayar lumayan besar, tapi saya dapat ilmunya dan saya bisa membuat sendiri PTK saya dengan judul dan alur yang saya fahami karena memang saya langsung mempraktekkannya di kelas. 5x tatap muka, saya merasakan pembimbingannya seperti privat, apa yang tidak dimengerti bisa ditanyakan langsung, atau ditanyakan di wa grup. Alhamdulillah saya sekarang sudah faham dalam pembuatan PTK, dan nanti PTK lanjut untuk diseminarkan. Ternyata membuat PTK tidak serumit dan sesusah yang kita bayangkan bila kita mengerjakannya sendiri. Dan hasil lain dari kita mengikuti pelatihan ini adalah kita mendapatkan sertifikat yang nilainya setara dengan 1 Pengembangan Diri. Jadi selain ilmu yang kita dapat, kita juga ga bingung lagi untuk mendapatkan sertifikat, salah satu syarat buat kenaikan golongan, yaitu untuk membuat pengembangan diri. Berarti kita sudah mendapatkan 1 sertifikat secara otomatis setelah kita berhasil menyelesaikan satu pelatihan.

Setelah PTK, kesulitan saya berikutnya adalah bagaimana cara menghitung DUPAK?? Dari beberapa contoh DUPAK yang diberikan teman, Alhamdulillah saya ga faham, malah makin bingung... hehehehe. Saya ga ngerti dari mana dan patokan angka - angka tersebut muncul. Akhirnya saya beranikan diri untuk minta ke trainer untuk meluangkan waktu mengajari kita menghitung DUPAK dan membuat Pengembangan Diri. Alhamdulillah akhirnya trainer mau mengajari kita, dan pada hari yang ditentukan kami datang ke tempat pelatihan.

Awalnya kami bingung, tapi setelah sedikit demi sedikit kami diajari.... alhamdulillah kami faham dan mulai mengisi format DUPAK yang diberikan trainer kepada kami. Demikian juga dengan cara membuat Pengembangan Diri, kami diberikan cara membuat dan contohnya dalam membuat Pengembangan diri. Alhamdulillah, kami sekarang percaya bahwa kami bisa melakukannya sendiri. Bisa membuat PTK, bisa membuat Pengembangan Diri dan bisa menghitung DUPAK sendiri. Ternyata sesuatu itu PASTI bisa kita lakukan bila kita ada niat dan kita mau mempelajarinya. Janganlah sesuatu itu kita dapatkan dengan cara instan karena tidak akan ada manfaatkan untuk kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sependapat dg Bu Ary dan Bu Titik

27 Jan
Balas

aamiin

28 Jan

Mantap bu..saya sejak awal kenaikan golongan pertama juga sudah mencoba membuat sendiri. Ada kepuasan tersendiri.

27 Jan
Balas

bener bun.... lebih puas kalau buat sendiri ya bun. dan jadi tau kesalahan kita atau potensi kita sampai dimana ya bun

27 Jan

Mungkin bukan karena tidak mau jujur bun... Tapi banyak dari kita yang memang tidak paham sehingga mencari jalan yang termudah bun...

01 Feb
Balas

Kalau guru aja tidak jujur bagaimana mungkin mengajari siswa untuk jujur.

31 Jan
Balas



search

New Post