Asep Rudini Setiawan

Sahabat guru belajar. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ruang Aktivitas Pengayaan Setelah Penilaian Tengah Semester (PTS)
Pameran Display

Ruang Aktivitas Pengayaan Setelah Penilaian Tengah Semester (PTS)

Penilaian Tengah Semester (PTS) sekarang makin singkat. Dengan berkurangnya jumlah muatan pelajaran, khususnya di kelas bawah makin memberikan ruang bagi guru melakukan aktivitas remedial atau pengayaan.

Pengayaan yang akan dibahas berupa penilaian berbasis proyek. Menghadapi kompetensi siswa di abad 21 siswa perlu kuasai kompetensi itu yang diantaranya kolaboratif, inovatif, berpikir kritis dan kreatif. Salah satu aktivitas yang mengampu adalah pembuatan display siswa. Display berisi HOW WORLD WORKS yaitu anak-anak diajak untuk berpikir tentang adanya tangan, misalnya. Tangan telah Allah ciptakan begitu unik. Lekukan, teksktur, sidik jari, persaksiannya bila kita telah tiada, dan lainnya. Anak merancang dan guru memfasilitasi artikel ringkas untuk dibaca dan direka ulang intinya dalam kertas display. Kertas display yang dibuat dari karton yang dilipat sedikit bagian atas dan bawahnya agar tegak berdiri menyerupai papan display pameran.

Pengalaman salah satu guru, sebut saja Ibu Asmah Vitri. Beliau menyiapkan siswa dan perlengkapan, lalu memberikan briefing awal yang cukup detail (studi kasus kelas 1, 2 yang penjelasannya menyeluruh). Briefing dan tanya jawab sekitar 30 menit. Alhasil, Bu Asmah dapat dengan baik mengoreksi dan menilai hasil PTS, begitupun anak-anak enjoy dengan tugas mereka. Sesekali bertanya namun tak banyak menyita waktu. Sekitar 2 jam selesai dengan baik plus 30 menit selanjutnya digunakan untuk beres-beres bertanggung jawab dengan barang kelas, kelengkapan pribadi dan sampah sisanya.

Hasil display dapat dipamerkan saat pemberian laporan tengah semester. Menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak dan orang tua.

Selamat mencoba berkarya. #MenujuParentMeeting dan La

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post