Asep Saefur

Menulis adalah berkomunikasi dengan rasa. Menulis adalah ungkapan rasa tak bertepi. Tak ada batas ruang. Tak ada batas waktu. Menulis adalah berkomunikasi a...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENAT

PENAT

Mengajar di dua tempat hanya karena tuntutan memenuhi kewajiban 24 jam tatap muka, tentu melelahkan. Ingin berteriak, namun nurani membelai rasa bekata lirih "jika kamu lelah maka iklaslah, penatmu akan hilang, semangatmu akan menggebu, namun jika kamu menggerutu maka lelahmu justru akan kian berlipat."

Berpikir cerdas sering kali tertipu dengan berpikir malas. Terkadang memang mencari jalan senang malah terbius dengan upaya bermalas-malas. Menyegerakan pekerjaan bukan agar cepat selesai namun agar cepat beristirahat.

Penat, ternyata bukan lelah terkuras keringat. Penat, adalah jenuh berpikir mengingkari kenyataan. Karena hidup dalam hayalan, bukan hidup dalam kenyataan.

Ingin itu adalah harapan, sebuah cita akan hasil sebuah upaya. Hayal adalah pendustaan atas apa yang ada, sebuah harapan kosong tanpa usaha.

Iklas itu ternyata bukan pasrah. Iklas adalah sebuah kegigihan melawan ketidaksenangan. Gigih dengan upaya terencana yang nyata gerak dan langkahnya. Gigih adalah pengendalian emosi yang hanya berharap pada ridho illahi.

Mengajar di dua tempat walau hanya sekedar untuk memenuhi kewajiban 24 jam mengajar, ternyata menyenangkan. Semua karena satu kata "iklas".

_sebuah catatan kecil_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Karena mengajar 2 tempat total 48 jam seminggu membuat tercapai cita2 wet untuk bisa mutasi ke sekolah deket rumah... Wet melakukan dengan ikhlas daan senang hati,semangaaat ...krn ada maksud supaya di acc mutasi.... Daan... Alhamdulillah skrng wet uda bisa mutasi di sekolah yg sudah wet impikan sejak 11 thn yg lalu....

18 Feb
Balas

Saya satu tempat pak 36 jam, plus tugas tambahan pembina OSIS, guru bimbel, dan instruktur olimpiade, sampe malehoy pak, walaupun demikian tetap ikhlas beramal

18 Feb
Balas



search

New Post