Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Buku di Bidang Pendidikan bukan Buku Pelajaran

Buku di Bidang Pendidikan bukan Buku Pelajaran

Membuat karya tulis ilmiah merupakan satu bentuk kegiatan yang mutlak dilakukan oleh guru. Banyak jenis karya tulis ilmiah yang bisa dibuat oleh guru, salah satunya adalah menulis buku di bidang pendidikan. Agar kegiatan menulis buku di bidang pendidikan tersebut menghasilkan angka kredit dalam penilaian PAK maka harus bisa menunjukkan buku asli atau fotokopi yang secara jelas menunjukkan nama penulis, nama penerbit, tahun diterbitkan dan keterangan lain tentang buku seperti ISBN dan lain sebagainya.

Buku di bidang pendidikan tidak sama dengan buku pelajaran. Buku di bidang pendidikan merupakan buku yang membahas isu-isu penting terkait dunia kependidikan. Ada beberapa perbedaan yang menonjol antara buku bidang pendidikan dengan buku pelajaran. Diantara perbedaan-perbedaan itu adalah :

(1) Dari sisi konten, buku bidang pendidikan berisi pengetahuan terkait bidang kependidikan, sementara buku pelajaran berisi pengetahuan tentang suatu ilmu/pelajaran tertentu.

(2) Sasaran pembaca buku di bidang pendidikan tidak hanya peserta didik di kelas dan satuan pendidikan tertentu, sedangkan sasaran buku pelajaran adalah peserta didik pada kelas dan satuan pendidikan tertentu.

(3) Tujuan dibuatnya buku bidang pendidikan tidak sebatas membantu peserta didik memahami suatu pelajaran tertentu atau bukan sebagai bahan utama mengajar guru dalam menyampaikan pelajaran, bukan pula pelengkap, akan tetapi terkandung maksud memberikan informasi berbagai pengetahuan di bidang pendidikan secara umum. Sementara buku pelajaran ditujukan untuk membantu peserta didik dalam memahami suatu mata pelajaran tertentu atau sebagai pegangan mengajar bagi seorang guru baik sebagai pegangan utama maupun pelengkap.

(4) Buku di bidang pendidikan bisa ditulis oleh guru atau kelompok guru yang memiliki kemampuan terhadap isi buku yang ditulis. Sedangkan buku pelajaran ditulis oleh guru atau kelompok guru yang memiliki tugas dan atau berkemampuan tentang isi buku itu.

Dari segi kerangka penulisan juga berbeda, kerangka buku di bidang pendidikan jauh lebih luwes dan bebas tergantung pada isi pengetahuan yang disajikan. Pada umumnya kerangka buku di bidang pendidikan terdiri atas:

(1) Pengantar;

(2) Daftar Isi;

(3) Bagian Pendahuluan; dan

(4) Bagian Isi, berisi dari beberapa bab/bagian sesuai dengan isi pengetahuan yang disajikan. Masing-masing bab/bagian serupa dengan bagian isi buku.

(5) Bagian Penunjang yang memuat daftar kepustakaan dan data diri penulis

#Tantangan365

#Tantanganke 20

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Inspiratif sekali. Salam kenal dan salam Literasi.

28 Jun
Balas

terimakasih pask Musdar. salam kenal dari Klaten dan salam literasi

28 Jun



search

New Post