Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara membuat, membuka, meng-edit file dari google drive secara offline

Cara membuat, membuka, meng-edit file dari google drive secara offline

Ketika kita tidak tersambung dengan internet, ternyata kita masih bisa membuat menyimpan dan meng-edit file di google drive. Adapun jenis dokumen yang bisa diakses melalui drive secara offline adalah google document, google spreadsheet, dan google slide. Saya menulis artikel ini menggunakan google dokumen dari Drive secara offline. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Yang pertama harus diperhatikan adalah ubah dulu settingan drive untuk offline-nya. caranya:

(1) Sebelum mengaktifkan drive offline, kita harus tersambung ke internet terlebih dahulu. (2) Gunakan browser google chrome, (3) Kemudian aktifkan dan instal “ekstensi chrome google dokumen offline” (cari saja di google search untuk mendapatkan ekstensi ini), (4) Login ke akun chrome kita, (5) Buka penyimpanan Drive kita, atau langsung klik di browser : drive.google.com/drive/settings, (6) Akan muncul kotak dialog untuk mengatur, silahkan centang kotak yang ada di samping "Sinkronkan file Google Dokumen, Spreadsheet, Slide & Gambar ke komputer ini, sehingga kita dapat mengeditnya secara offline", (7) Simpan pengaturan baru tersebut

Langkah selanjutnya adalah pilih file dokumen/spreadsheet/slide/gambar yang sudah tersimpan di Drive kita, yang kita inginkan mengaksesnya secara offline. Caranya :

(a) Klik kanan pada file dokumen/spreadsheet/slide/gambar yang diinginkan, (b) Aktifkan “Tersedia Offline”

Kita pun bisa membuat dokumen/spreadsheet/slide baru secara offline setelah settingan offline Drive kita diaktifkan. Nah, file yang telah kita buat atau edit, hasilnya akan tersimpan otomatis di Drive penyimpanan kita ketika sudah ada akses internet. Saat itu, kita bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Selamat mencoba!

#Tantangan365

#Tantanganke 13

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab pak ustadz..

21 Jun
Balas

Terimaksih bu Sumarsih

21 Jun



search

New Post