Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hal Remeh yang Membahayakan
gambar: tipswisatamurah.com

Hal Remeh yang Membahayakan

Ilmu Allah swt meliputi segala sesuatu. Dari yang terkecil sampai yang terbesar. Yang tersembunyi maupun yang ternampak. Yang tersurat maupun yang tersirat. Al-Qur'an karim menjelaskan bahwa : "Dia (Allah) mengetahui setiap pandangan mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati" (Q. S al-Ghafir: 19)

Oleh karenanya, sikap kehati-hatian dalam berperilaku hendaknya menjadi keniscayaan bagi kita karena semua diketahui oleh Allah swt. Hendaknya kita berhati-hati menjaga diri dari setiap laku dosa besar maupun kecil. Jangankan dosa besar, yang balasannya jelas dan pasti. Dosa kecilpun harus senantiasa kita waspadai, karena ia ibarat racun yang merasuk ke dalam tubuh,jika tak segera disembuhkan dan dikeluarkan dari dalam tubuh niscaya akan merusak seluruh anggota tubuh dan mengancam keselamatan jiwa.

Maka jangan anggap remeh dosa-dosa kecil karena bisa jadi itulah penyebab rusaknya pekerti dan hancurnya agama. Sebagai seorang mukmin hendaknya senantiasa waspada. Siap siaga menjaga diri. Kita anggap dosa itu ibarat batu besar yang siap menimpa diri sehingga kita jauhi dan hindari. Jangan seperti orang-orang munafik yang menganggap dosa kecil itu ibarat seekor lalat yang kecil dan lemah, sekali tepuk mati dan terkapar. Tidak! Dosa kecil itu tidak seperti itu. Kesempurnaan iman bisa diukur dari seberapa besar perhatian seseorang dalam menjaga diri dari perbuatan dosa dan seberapa malu ia kepada Allah swt. Malu jika harus berbuat dosa. Malu jika berbuat kemaksiatan. Malu jika tidak taat kepada-Nya.

Imam Bukhori meriwayatkan tentang perilaku para sahabat nabi yang sangat berhati-hati menjaga diri. Dikisahkan dari sahabat Anas r.a., katanya: "Sesungguhnya engkau semua pasti melakukan berbagai amalan - yang diremehkannya sebab dianggap dosa kecil-kecil saja, yang amalan-amalan itu adalah lebih halus - lebih kecil - menurut pandangan matamu daripada sehelai rambut. Tetapi kita semua di zaman Rasulullah s.a.w. menganggapnya termasuk golongan dosa-dosa yang merusakkan - menyebabkan kecelakaan dan kesengsaraan."

#Tantangan365

#Tantanganke 5

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Oh iya, terimakasih atas masukannya. Insya allah di lain kesempatan akan saya ulas terkait amalan kecil yang dianggap remeh namun berbahaya itu. Salam liteti bu Nopiranti

13 Jun
Balas

Tidak diberi contoh apa sajakah amalan kecil yang membahayakan itu, Pa? Supaya bisa lebih berhati-hati. Mantap pencerahannya. Nuhun, Bapak.

13 Jun
Balas



search

New Post