Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jangankan Remehkan Salat

Jangankan Remehkan Salat

Salat merupakan rukun Islam yang kedua. Lima waktu dalam sehari semalam tidak boleh terlalaikan, yakni Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya'. Selain yang lima tersebut ada pula yang hukumnya sunnah dilakukan. Setiap Muslim diperintahkan untuk mendirikannya serta mendidik keluarganya untuk melaksanakannya pula. Sebagaimana firman Allah swt dalam Q. S Taha ayat 123 : “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya".

Barangsiapa yang istiqomah menjaga salatnya maka ia termasuk orang yang beruntung. "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, ...." (Q. S al-Mukmin ayat 1-2).

Salat merupakan amalan utama dalam Islam dan tidak boleh diremehkan. Umar bin Khattab pernah berpesan tentang pentingya menjaga ibadah yang satu ini : "Barang siapa yang berani meremehkan sholat maka dia dengan yang lainnya akan lebih berani meremehkannya". Senada dengan pesan tersebut Imam Ahmad –rahimahullah- juga pernah mengatakan bahwa “Setiap orang yang meremehkan perkara shalat, berarti telah meremehkan agama. Seseorang memiliki bagian dalam Islam sebanding dengan penjagaannya terhadap shalat lima waktu. Seseorang yang dikatakan semangat dalam Islam adalah orang yang betul-betul memperhatikan shalat lima waktu. Kenalilah dirimu, wahai hamba Allah. Waspadalah! Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bagian dalam Islam. Kadar Islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar shalat dalam hatimu.”..

Salat merupakan amalan utama seorang hamba dan menjadi tolok ukur semua amal. Ia juga merupakan amalan yang akan dihisab pertama kali kelak di yaumul qiyamah. Hal ini sebagaimana hadits Rasul yang diriwayatkan oleh Abu Daud, "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan, ’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

Maka mari kita jaga salat kita. Utamakan yang wajib, dan sempurnakan dengan mengerjakan yang sunnah. Semoga keberkahan terlimpah kepada kita yang istiqomah mendirikan salat.

#Tantangan365

#Tantanganke 6

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post