Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ubah diary pengalaman sehari-hari mendampingi belajar siswa menjadi artikel populer ilmiah

Ubah diary pengalaman sehari-hari mendampingi belajar siswa menjadi artikel populer ilmiah

Jenis publikasi ilmiah selain dalam bentuk buku dan makalah adalah artikel ilmiah populer. Apa itu? Yang saya maksud adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa seperti koran, majalah ataupun media onliene. Untuk publikasi tulisan ilmiah di media online syaratnya media tersebut harus media yang memiliki alamat website resmi, jadi bukan di blog. Isi/tema tulisan ilmiah populer ini tidak boleh sembarangan, ia harus berisi seputar dunia pendidikan. Disarankan lebih banyak mengandung isi pengetahuan, ide/gagasan, serta pengalaman penulis di bidang pendidikan. Misal, menuliskan ide/gagasan pemecahan suatu permasalahan yang ditemui ketika pembelajaran di kelas. Atau menuliskan pengalaman menangani peserta didik di satuan pendidikanya, seperti pengalaman menanamkan pembiasaan bersikap jujur, bagaimana cara mendisiplinkan anak ketika melaksanakan salat berjamaah, dan lain sebagainya. Intinya tema tulisan adalah seputar permasalahan yang dihadapi dalam keseharian selama menjalankan tugas sebagai guru.

Karena tulisan bersifat ilmiah maka pendapat yang kita tuangkan dalam tulisan itu harus diperkuat atau didukung oleh pendapat ahli yang jelas rujukannya. Mengenai kerangka tulisan, tidak ada aturan baku dalam hal ini. Kerangka tulisan ilmiah populer bisa menyesuaikan dengan aturan main yang ada di media massa yang mempublikasikan tulisan kita.

Sebagai guru PNS, tulisan ilmiah populer ini bisa dijadikan bukti melaksanakan publikasi ilmiah yang dapat diajukan nilai angka kreditnya ketika mengusulkan PAK. Bukti fisik yang harus dilampirkan dalam usulan PAK dari jenis publikasi ilmiah artikel populer ini adalah guntingan (kliping) tulisan guru yang bersangkutan dari media massa yang memuat karya ilmiah penulis, dengan pengesahan dari kepala sekolah. Pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya. Jika berupa fotokopi, harus ada surat pernyataan dari kepala sekolah yang menyataan keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media massa tersebut. Jika tulisan atau karya guru dimuat dalam media massa online maka harus di print out bukti fisiknya lengkap dengan menunjukkan bukti nama media yang memuat, terbitan tanggal dan harus di cetak dari halaman website resmi koran yang bersangkutan.

#Tantangan365

#Tantanganke 16

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post