Asep Supriadi (Jaya Nagara)

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kompetensi Kepala Sekolah

Secara teoritis para kepala sekolah harus memiliki, mengembangkan, melaksanakan serta mengimplementasikan standar kompetensi kepala sekolah. Karena jika para kepala sekolah secara optimal melaksanakan kompetensi yang dimiliki dan yang ditentukan niscaya kualitas pendidikan di satuan pendidikan yang dipimpinnya akan lebih baik, tetapi jika sebaliknya maka tunggu kehancuran,kemorosotan kualitas maupun secara kuantitas.

Realita di lapangan para kepala sekolah masih ada yang belum tahu kompetensi apa yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Padahal sebelum mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala sekolah, saat menjadi guru telah memiliki standar kompetensi yaitu ;

1. Kompetensi pedagogik

2. Kompetensi profesional

3. Kompetensi sosial

4. Kompetensi kepribadian

Maka telah memiliki 4 kompetensi dasar yang hakiki dan mutlak harus dimiliki oleh kepala sekolah. Sedangkan kompetensi kepala sekolah adalah meliputi :

1. Kompetensi kepribadian

2. Kompetensi Sosial

3. Kompetensi manajerial

4. Kompetensi kewirausahaan

5. Kompetensi supervisi.

Jika melihat kompetensi guru dan kepala sekolah bisa dijabarkan seperti ini. Kompetensi kepribadian dan sosial itu melekat tidak bisa dipisahkan dalam kehidupannya. Sedangkan kompetensi pedagogik dan.profesional itu bisa dijadikan bekal saat menjalankan tugas sebagai manajerial, supervisi, dan kewirausahaan.

Bagaiamana bisa melaksanakan supervisi jika kepala sekolah tidak memahami dan menguasai tentang pedagogik dan profesi karena didalamnya memuat ilmu tentang keguruan dan pengetahuan materi ajar.

Mudah-mudahan bermanfaat..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kepala sekolah yang kompeten. Top pak.

05 Jul
Balas

Sangat bermanfaat, Pak...

05 Jul
Balas

sangat kompeten.

05 Jul
Balas



search

New Post