Asmadi,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Contextual Teaching and Learning (C

Peningkatan Hasil Belajar Matematika

Melalui Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Pokok Kubus dan balok

Pada Peserta Didik Kelas V SDN 13 Kubu

Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya

Tahun Pelajaran 2021/2022

ASMADI, S.Pd

NIP.198407192014071004

Pembelajaran merupakan sebuah interaksi yang terjadi antara guru dan peserta didik dalam sebuah setting belajar. Dalam pembelajaran, guru berperan penting dalam tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Namun, terkadang dalam usahanya mencapai tujuan dari sebuah pembelajaran, guru menghadapi berbagai masalah terkait pembelajaran yang dilaksanakannya. Permasalahan ini jika dibiarkan saja maka bisa berdampak buruk bagi hasil belajar yang diraih oleh para peserta didik. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh guru adalah rendahnya pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diraih oleh para peserta didiknya. Pangkal permasalahan tersebut bisa dari kurangnya variasi dalam pembelajaran atau minimnya penggunaan media pembelajaran. Permasalahan mengenai rendahnya pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) juga dialami oleh peserta didik kelas V SDN 13 Kubu pada mata pelajaran matematika, sehingga perlu untuk segera dilakukan perbaikan.

Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tujuan untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 13 Kubu dan objek penelitiannya adalah penggunaan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Untuk alur PTK ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Mc. Taggart.

Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok pada peserta didik kelas V SDN 13 Kubu. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat peningkatan persentase pencapaian KKM (pra siklus 30%, Siklus I, 60% dan Siklus II, 100%).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post