Asmaul Husna, S.Psi.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TRIK EMIS DAPODIK DALAM AKUN LTMPT

Inilah yang tahun ini membuat guru BK tingkat SMA/ MA/ SMK gemes dan deg deg kan di portal.ltmpt.ac.id laman sekolah. Pasalnya banyak peserta didik khususnya tahun lulusan 2020 / 2021 yang belum bisa masuk data NISN dalam portal LTMPT sehingga tidak bisa membuat akun ltmpt untuk mengikuti jalur SNMPTN bagi yang lolos 40% terbaik sekolah setiap jurusan IPA, IPS, AGAMA, BAHASA maupun kejuruan. Yang akan terbagi dalam soshum dan saintek.

Mengapa masalah tersebut bisa terjadi ?

Prosesnya panjang dari operator sekolah masing masing. Untuk SMA/SMK baik negeri maupun swasta masuk didata DAPODIK di bawah naungan Kementerian Pendidikan sedangkan untuk MA masuk didata EMIS dibawah naugan Kementerian Agama.

Dapodik lebih mudah aksesnya masuk portal LTMPT karena satu atap sedangkan EMIS harus menunggu proses 2 kali. Proses pendataan peserta didik memang sudah harus dilakukan diawal masuk kelas X tapi banyak kesalahan data penulisan nama peserta didik pake singkatan atau lengkap,nama ayah ibu,NIK anak, NIK ayah ,ibu ,alamat . Data data tersebut harus disesuaikan dengan KK,ijazah dan akta lahir. Seperti pada kelengkapan PPDB.

Pengambilan data LTMPT dari Emis dan Dapodik melului verval PD dimulai dari bulan desember tepatnya 23 desember 2020. Setelah itu tiap operator sekolah dan juga guru BK bisa mengecek diverval pd kemdikbud apa data peserta didik tahun lulusan 2020/2021 sudah masuk semua atau tidak. Bila belum harus terus melakukan perbaruan data diportal sekolah masing masing sampai batas waktu yang diberikan oleh panitia LTMPT tertanggal 15 januari 2021.

Seperti kasus MAN 2 LAMONGAN Jawa timur mengalami hal yang sama yaitu 10 anak belum masuk data di portal LTMPT pada waktu pengambilan data awal per 23 desember 2020. Kami guru BK merasa deg degkan seperti tahun sebelumnya 2 anak belum bisa masuk data LTMPT. Alhamdulillah setelah diproses oleh operator madrasah di akun Emis sampai tanggal terakhir proses finalisasi data akhirnya masuk semua sebanyak 424 siswa.

Trik supaya data EMIS maupun Dapodik bisa masuk di portal LTMPT adalah

1. semua data harus benar sesuai KK,Ijazah dan akta lahir

2. data harus sudah ada di verval pd pada waktu sinkronisasi data

3. harus terus di refresh

4. Tetap semangat mendampingi peserta didik untuk meraih cita citanya.

Semoga tahun depan prosesnya lebih baik dari ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post