Asrah

Nama Lengkap Asrah S.Pd. Lahir Di Aceh pada tanggal 02 Juli 1971. Menjadi Guru di SMK Negeri 4 Bondowoso Jawa Timur Mata pelajaran yang di ampu adalah Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ajarkan 4 Hal Kepada Anak Kita ( Tantangan 359 )

By Asrah, S.Pd

Guru SMKN 4 Bondowoso

Tantangan 365 hari menulis

TantanganGurisiana

Kewabijan sebagai orang tua tidak hanya membersarkan, merawat, menafkahi dan memberikan pendidikan yang baik pada putra putri kita tetapi kita sebagai orang tua juga wajib memberikan pembelajaran bagaimana bersikap yang baik, bertata krama yang baik terhadap orang yang lebih tua, bertutur kata yang sopan, bergaul yang santun dan berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Sejak kecil anak anak kita harus kita ajarjan dan kita tanamkan 4 hal ini kepada mereka supaya dalam pergaulan mereka sehari hari dapat di terapkan dengan baik kepada orang lain baik kepada yang lebih tua maupun kepada orang yang lebih muda dari mereka. 4 hal itu adalah

1. Mengucapkan kata permisi

Kalau putra putri kita berjalan di depan orang maka kita harus mengajarkan kepada mereka untuk mengucapkan kata kata permisi kepada orang yang ada di sekitar mereka.

2. Meminta tolong

Kalau putra putri kita akan menyuruh orang lain entah itu temannya, saudaranya dan orang tuanya sebaiknya putra putri kita diajarkan kata " minta toling". Supaya lebih sopan bukan langsung menyuruh mengambilkan apa yang dikehendaki. Jadi harus gunakan kata " minta tolong"

3. Mengucapkan terima kasih

Kita sebagai orang tua harus mengajarkan putra putri kita untuk mengucapkan terima kasih terhadap apa yang sudah orang lain lakukan kepada mereka. Walaupun mereka berbelanja di toko, kalau sudah selesai alangkah baiknya mengucapkan terima kasih. Karena walaupun kita membeli menggunakan uang kita, tetapi kita harus mengucapkan terima kasih karena sudah melayani kita.

4. Meminta maaf

Sebagai orang tua kita harus mengajarkan putra putri kita dengan ucapan minta maaf. Karena dalam pergaulan sehari hari kita mungkin membuat kesalahan sehingga kita harus meminta maaf, supaya tidak ada yang tersakiti.

Demikian sedikit ulasan saya tentang 4 hal yang harus diajarkan kepada putra putri kita diantaranya" Permisi, minta tolong, ucapan terima kasih dan minta maaf". Karena ke empat hal ini merupakan tata krama dalam pergaulan sehari hari. Semoga bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri.

Salam literasi

Bondowoso, 8 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah dua anak pakde dah tumbuh dewasa, insyaallah sholeha dan sholeh.

09 Jan
Balas



search

New Post