A S R I L, S.Sos.I

Guru PAI Pada SD Negeri 12 Tanah Gsram Kota Solok Sumatera Barat. Disamping sebagai seorang guru juga seorang Da'i/Muballigh yang mengajak umat ke jalan yang be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Katan Durian
Gambar bersumber dari Google.com

Katan Durian

#TantanganGuruSiana

#Tantangan365 Hari Yang Ke- 385

Ketika musim durian tiba, hampir setiap sudut di Ranah Minang ditemukan transaksi jual beli durian. Buah durian ini mempunyai cita rasa yang lezat dan mendatangkan sensasi tersendiri ketika menikmatinya.

Bagi penikmat kuliner khas ini, tidak lengkap rasanya menyantap durian tanpa katan. Ketika katan bertemu durian maka jadilah ia “Katan Durian”. Katan Durian adalah makanan khas Minang yang bahan utamanya menggunakan durian dan ditambah dengan Katan yang telah siap disajikan dengan ditaburi kelapa parut dan buah durian yang sudah dikupas disampingnya.

Paduan aroma khas nan menyengat dan manisnya rasa buah berduri tajam itu, semakin membuat para penggemar durian tak akan sabar untuk segera melahap buah yang berjuluk raja buah itu. Apalagi ketika buah durian itu juga dihidangkan dengan katan yang legit berbalut aroma wewangian santan. Dijamin, lidah akan ketagihan.

Sekiranya kesulitan mencari Katan untuk teman makan durian, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan juga sangat mudah ditemui di pasar tradisional. Kita cukup menyiapkan beberapa bahan baku seperti beras ketan, santan kental dan encer, garam, daun pandan, buah durian dan parutan kelapa.

Untuk proses pertama, ketan direndam sekitar satu jam. Lalu dikukus selama 15 hingga 20 menit, kemudian diangkat. Selanjutnya, panaskan santan yang telah dicampur dengan garam serta daun pandan dan aduk hingga merata. Setelah itu, angkat dan tuangkan ke dalam beras ketan tadi. Aduk kembali sehingga santan terserap dengan baik. Lalu kukus kembali ketan tersebut hingga benar-benar matang. Setelah itu, angkat lalu dinginkan. Nah, proses terakhir, balurkan parutan kelapa pada ketan tersebut. Ketan pun siap disantap dengan durian.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Solok, 07 Maret 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post