A S R I L, S.Sos.I

Guru PAI Pada SD Negeri 12 Tanah Gsram Kota Solok Sumatera Barat. Disamping sebagai seorang guru juga seorang Da'i/Muballigh yang mengajak umat ke jalan yang be...

Selengkapnya
Navigasi Web
 Nasehat Thariq bin Ziyad
Gambar bersumber dari Google.com

Nasehat Thariq bin Ziyad

#TantanganGuruSiana

#Tantangan365 Hari Yang Ke- 395

Thariq bin Ziyad , dikenal dalam sejarah Spanyol sebagai legenda dengan sebutan Taric el Tuerto (Taric yang memiliki satu mata), adalah seorang jendral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan muslim atas wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 M.

Beliau dikenal karena menyampaikan sebuah pidato yang terus dikenang oleh sejarah. Pidato tersebut begitu mengobarkan semangat jihad, juga perintah agar pasukannya menekuni kesabaran. Pengaruh pidato beliau memberikan dampak yang yang sangat berpengaruh untuk semangat jihad kaum muslimin ketika itu.

Di antara nasehat beliau yang sangat terkenal dan mampu mengobarkan semangat jihad kaum muslimin adalah :

“Wahai sekalian manusia, ke mana jalan pulang? Laut berada di belakang kalian, musuh di hadapan kalian. Sungguh keberadaan kalian di semenanjung ini lebih sempit daripada keberadaan anak yatim di tengah-tengah perjamuan orang-orang jahat. Sungguh kalian tidak memiliki apa-apa kecuali keikhlasan dan kesabaran. Musuh-musuh kalian sudah siaga, di depan dengan persenjataan mereka. Kekuatan mereka, besar sekali, sementara, kalian tidak memiliki bekal lain kecuali pedang-pedang kalian, dan tidak ada makanan bagi kalian kecuali yang dapat kalian rampas dari tangan musuh-musuh kalian. Sekiranya perang ini berkepanjangan, dan kalian tidak segera dapat mengatasinya, akan sirnalah kekuatan kalian. Ketakutan mereka terhadap kalian akan berubah menjadi keberadaan terhadap kalian”

Pelajaran yang bisa kita ambil dari nasehat Thariq bin Ziyad tersebut adalah bersungguh-sungguh dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Ketika kita menjalani hidup ini dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan yang dibarengi dengan kesabaran maka usaha dan perjuangan yang lakukan akan mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup ini. Jangan pernah berhenti berusaha dalam hidup. Manfaatkanlah waktu yang ada untuk terus berbuat.

Oleh sebab itu marilah kita bersungguh-sungguh menjalani kehidupan ini. Marilah bersungguh-sungguh dalam bekerja dan berusaha agar kita bisa menikmati apa yang telah kita usahakan. Yang tak kalah penting adalah kita mesti ikhlas dalam menjalani kehidupan ini dan selalu bersabar dengan apa yang kita hadapi.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Solok, 17 Maret 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post