Atik Barokah Waladiyah,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Melatih anak berpuasa

Melatih anak berpuasa

Sesuai hasil sidang isbat tadi malam (10 Maret 1024) 1 Ramadan 1445 H diumumkan Menteri Agama RI jatuh pada tanggal 12 Maret 2024 Masehi.

Berarti nanti malam, para orang tua yang memiliki anak yang belum memenuhi syarat wajib berpuasa tapi mereka dididik ikut berpuasa hendaknya tetap mengajarkan tata cara berpuasa yang benar.

1. Mengajarkan waktu berniat puasa Ramadan yang dilaksanakan pada malam hari.

Waktu niat puasa Ramadan ini beda dengan puasa sunnah. Niat puasa sunnah boleh dilakukan selepas subuh hingga menjelang zuhur jika memang malamnya belum membaca niat tersebut. Hal ini dengan syarat tidak atau belum melakukan sesuatu yang membatalkan puasa sejak fajar hingga niat tersebut.

Kembali ke puasa Ramadan. Jadi ketika orang tua berniat berpuasa, anak juga diajak niat berpuasa Ramadan. Hindari mengajari anak berniat berpuasa sesuka hati orang tua. Misalnya merasa tidak sempat atau lupa mengajari niat berpuasa pada malam hari, orang tua mengajari anak berniat puasa pada pagi harinya. Mari serius dalam mengajari anak berpuasa dimulai dari mengajarkan ketepatan waktu berniat puasa.

2. Melafalkan niat berpuasa dengan tepat

Ini niatnya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

_Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala._

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Lafadz Arab dibaca, arti bahasa Indonesia atau bahasa daerah masing-masing diungkapkan dalam hati. Ini anak dituntun mengajarinya. Dilafalkan kata demi kata. Lagi-lagi mari serius mengajari anak beribadah dengan benar.

Meskipun anak-anak sudah memenuhi syarat wajib berpuasa, ada baiknya jika orang tua mengingatkan niat berpuasa agar dilaksanakan pada malam hari. Mengingatkan niat puasa ini bisa dijadikan budaya selama bulan Ramadan dalam keluarga.

Mengapa niat puasa Ramadan ini penting diperhatikan? Karena niat puasa termasuk dalam rukun dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Jika tidak dilakukan, maka puasanya tidak sah. Melaksanakan niat pun juga ada tata caranya yaitu dilaksanakan pada malam hari hingga boleh dilakukan sebelum terbit fajar.

Selamat berpuasa Ramadan. Semoga kita menjadi golongan hamba Allah yang bertakwa.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ١٨٣

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Q.S Al-Baqarah 183)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post