Atik Zulaikah

Atik Zulaikah, S. Pd adalah anak pertama dari dua bersaudara yang terlahir dari pasangan M. Awir dan Astuti. Lahir di Pacitan pada tanggal 2 Nop...

Selengkapnya
Navigasi Web

WWW

WWW

05.30

Berangkat dari rumah kali ini suamiku membawa mobil, tumben batinku. Biasanya dia paling malas karena Jakarta terkenal dengan kemacetannya, jadi biasanya kami pilih motor sebagai alat transportasi favorit. Sejujurnya aku lebih suka dibonceng dengan motor karena pasti akan sampai di sekolah tempatku mengajar. Jika pakai mobil aku harus jalan kurleb 500 meter untuk sampai di depan pintu gerbang sekolah. Karena jalan masuk ke sekolah cuma bisa untuk satu mobil jadi jika ada dua mobil salah satunya akan menepi ke tempat yang sudah jadi tempat pemberhentian sementara yaitu ada empat titik pemberhentian sementara.

06.20 – 07.15

Aku tidak absen karena hari ini aku ada dinas luar. Aku datang ke sekolah karena bentuk tanggung jawabku. Kepala sekolah dan dua orang wakil kepala sekolah, rekan sejawatku tidak ada di sekolah. Mereka bertiga pergi pelatihan, jadi tinggal aku yang diberi amanah untuk menjalankan kegiatan di sekolah. Namun aku juga tidak bisa standby karena ada pelatihan Pemberdayaan MGMP dari sudin wilayah 2 Jakarta Barat.

Pagi pukul 06.30 setelah mengaji, kami melakukan literasi. Kemudian bu Ratih memanggil dua orang siswi kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang hasil literasinya bagus untuk menceritakan kembali yang sudah mereka tuliskan. Kegiatan dilapangan pagi itu berakhir setelah kami menyanyikan Indonesia Raya.

07.15 – 07.30

Memberikan tugas siPintar untuk anak muridku kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Setelah itu aku meminta pertolongan guru CPNS baru dan mahasiswa PPL untuk memantau kondisi kelas, karena ada 7 guru yang sedang dinas luar. Tugas sudah diberikan ke anak namun kalau tidak dipantau kadang ada anak yang kongkow di kantin. Aku juga minta tolong stafku untuk membantuku melayani anak murid yang membutuhkan peminjaman alat seperti proyektor dll.

07.30 – 12.00

Aku naik grabbike menuju lokasi pelatihan yakni SMA Katolik Sang Timur. Setelah sampai aku registrasi. Di sana aku ketemu beberapa teman dari sekolah lama tempatku mengabdi seperti ji teni (Dra. Hj. Dewi Agustini, guru matematika SMA Negeri 112), mba Nuri (Dra. Nuriyah HS, guru matematika SMA Negeri 112) dan bu Yayah (Dra. Juariah, guru Fisika SMA Negeri 112).

Aku juga menyapa bu nur (staf di sudin dikmen JB 2). Kemudian aku menyapa temen-teman MGMP bahasa Inggris, seperti bu Hanifah (SMA Providentia), pak Agus Hendrik (SMAN 78), bu Ruth (SMA Kalam Kudus), pak Rezky (SMA Samaria Kudus), pak FX Yulianto (SMAN 85) dll.

Yang hadir di pelatihan ini dari sekolahku selain aku ada 3 guru lagi yakni Baihaki Jamil, M. Pd (guru matematika), Andryani Hutabarat, S. Pd (guru Fisika) dan Nurhayati, S. Pd (guru ekonomi).

Tempat duduk sudah diblok berdasarkan mata pelajaran yang diampu. Tepat pukul 08.00, MC seorang guru dari SMA Katolik Sang Timur memandu acara. Kemudian acara berikutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh salah satu guru di SMA Katolik Sang Timur. Selanjutnya pembacaan doa yang dilakukan oleh bapak M. Taufan guru matematika dari SMA Al Chasanah. Dilanjutkan kata sambutan dari suster selaku kepala sekolah SMA Katolik Sang Timur. Kemudian kata sambutan dari Kasi SMA, bapak Drs. Asep Saifullah Efendi, M. Pd.

Setelah acara seremonial, pelatihan penyusunan soal HOTS dimulai dengan moderator, Siti Holilah, M. Si. (guru fisika SMAN 78). Nara sumber ibu Herliani dari Puspendik dan merupakan nara sumber nasional. Satu hal yang aku garisbawahi soal hots bukanlah soal sukar. Karakteristik soal HOTS adalah:

1. Soal memuat stimulus

2. Stimulus mengangkat masalah kontekstual (berbasis kasus)

3. Stimulus menarik (trending topic)

4. Soal pengukur level kognitif C4 sampai dengan C6.

5. Jawaban tersirat dari stimulus

6. Kebaruan/tidak rutin

12.00 – 13.00

Ishoma (kami disediakan mukena untuk shalat di ruang doa)

13.00 – 14.00

Pembicara Sasminto, S. Pd MM

Mengenal karateristik anak VAKOG (Visual-Auditori-Kinestetik-Olfaktori dan Gustatori) memudahkan kita sebagai guru untuk memberikan pelayanan dalam pembelajaran.

Penasaran dengan judulnya yang singkat, ini loh kepanjangannya, “What a Wonderful Wednesday (WWW) I have. Betapa indahnya hari ini, bertemu dengan teman dan dapat ilmu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post