Ati Susiati

Saya lahir di kota Manggar pada tanggal 09 Agustus 1973, pada usia 24 tahun saya menyelesaikan S-1 pendidikan kimia di Universitas Sriwijaya, dan saat ini saya ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menjadi Orang Tua Hebat

#Tantangan Hari ke 42

#tantangangurusiana

Menjadi Orang Tua Hebat

Banyak sekali bentuk - bentuk dukungan yang dapat diberikan orang tua di rumah dalam rangka menumbuhkan budi pekerti dan prestasi anak. Setiap keluarga memiliki cara yang berbeda, masa kecilku dulu berbeda dengan masa kecilku anakku saat ini. Orang tua dulu banyak anak tetapi mengasuh anaknya sendiri, tetapi saat ini kita yang hanya memiliki sedikit anak tapi di asuh orang lain, benar kenyataannya mungkin kita mempunyai pekerjaan di luar sana, sehingga tidak bisa sepenuhnya mengasuh anak dan mengurus rumah tangga sendiri. Cara ini baik jika niat kita dilakukan dengan cara - cara yang baik.

Setiap kejadian kita ambil hikmah positifnya. Saat ini dengan adanya penyebaran virus corona kita lebih fokus stay at home. Sehingga kita orang tua lebih fokus mengasuh, menjaga dan membimbing anak-anak belajar di rumah. Pada saat sebelumnya bukan kita tidak memperhatikan anak kita tetapi karena bekerja pergi pagi pulang sore, malampun sudah capek dan harus istirahat.

Baru menyadari banyak sekali hal - hal yang harus kita lakukan sebagai orang tua dan bisa kita lakukan lebih fokus saat kita di rumah, misalnya :

1.Beribadah berjamaah

2.Sarapan bersama

3.Mendampingi anak bermain,

menonton tv.

4.Menjadi pendengar yang baik

saat anak-anak kita bercerita.

5. Mendampingi anak-anak belajar.

6.Memberikan rasa aman dan

nyaman kepada anak - anak.

7.Mengajarkan dan membiasakan

hidup bersih dan sehat pada

anak.

8.Berolahraga bersama

9.Membantu pekerjaan di rumah

10. Komunikasi efektif akan membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Di keluarga yang baik, yang selalu menyampaikan pendapat, pikiran, dan perasaan mereka sehingga suasana rumah menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

Anak-anak tumbuh dengan rasa percaya diri, mampu menjadi pendengar yang baik, serta mampu mengendalikan diri dan emosi baik di rumah, sekolah maupun masyarakat.

Tetapi kita berharap kondisi ini tidak akan lama dan semoga cepat berlalu. Kasian juga anak - anak sudah lama tidak bersosialisasi dengan teman dan gurunya.

Dan pastinya kita juga ingin fokus dengan pekerjaan kita sebagai pendidik generasi bangsa dan mampu menjadi orang tua hebat untuk anak-anaknya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post