Ati Susiati

Saya lahir di kota Manggar pada tanggal 09 Agustus 1973, pada usia 24 tahun saya menyelesaikan S-1 pendidikan kimia di Universitas Sriwijaya, dan saat ini saya ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Semua Ada Hikmahnya

Semua Ada Hikmahnya

#Tantangan Hari ke 50

#tantangangurusiana

Semua Ada Hikmahnya

Hari ini masih seperti kemarin, diam di rumah dengan berbagai aktivitas yang positif. Jam 09.00 kami berjemur di halaman dapur kurang lebih 30 menit. Sehabis itu menyiapkan makan siang. Tidak lupa mendampingi anak-anak belajar, mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya lewat WA. Seperti terjadwalkan saat ini seharusnya aku memberikan materi di kelas XI IPA2. Aku juga memberikan tugas kepada anak-anak melalui WA. Yang aku bahas hari ini adalah tentang koloid, setelah ku kirimkan video pembelajaran koloid anak - anak, membuka dan mempelajarinya, jika ada yang merasa kurang paham mereka bertanya. Aku menjelaskan lewat WA dan ada juga via telpon. Dengan keadaan seperti ini aku mengharapkan anak - anak tetap semangat untuk belajar di rumah, teryata mereka semua antusias ingin belajar dan memahami materi yang aku berikan, dan tugas latihan dikerjakan dengan tepat waktu. Aku langsung mengoreksi tugas mereka dan jika ada jawaban yang salah aku jelaskan jawaban yang benar seperti apa. Asyik juga belajar seperti ini.

Dalam materi koloid erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya pembuatan agar disini ada perbedaan sistem koloid antara sol dan gel.

Sol adalah sistem koloid dengan fase terdispersi padat dalam medium pendispersi cair. Pada saat agar dipanaskan itu masih berbentuk sol tapi pada saat agar sudah dingin ini di sebut gel.

Contoh salah satu sifat dari koloid adalah koagulasi. Biasanya digunakan untuk menjernihkan air, dengan menggunakan tawas, penggumpalan lumpur, penggumpalan debu atau asap pabrik. Partikel-partikel yang sangat kecil dapat digumpalkan.

Koloid mempunyai ukuran yang kecil dimana diameter partikel 0,0000001-0,00001 cm.

Banyak rahasia Allah yang kita tidak tahu. Saat ini penduduk seluruh dunia harus berdiam di rumah dengan adanya virus corona 19, kecuali ada hal yang sangat penting.

Allah lebih tahu yang terbaik untuk umatnya. Saat ini kita harus fokus untuk mencintai keluarga kita dan rumah kita , karena inilah syurga kita di dunia. Sebagaimana pun keadaan dan situasi saat ini kita ambil hikmah positifnya. Kita harus bersyukur dengan apa yang sudah digariskannya. Mari kita perbanyak bersyukur, berzikir dan berdoa, semoga Allah selalu melindungi dan menjaga kita semua, Aamiin YRA

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin

31 Mar
Balas

Aamiin..

31 Mar

Amiiin

31 Mar
Balas

Aamiin YRA

07 Apr
Balas



search

New Post