Ati Susiati

Saya lahir di kota Manggar pada tanggal 09 Agustus 1973, pada usia 24 tahun saya menyelesaikan S-1 pendidikan kimia di Universitas Sriwijaya, dan saat ini saya ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Si Amonia (NH3)

Si Amonia (NH3)

#Tantangan Hari ke 57

#tantangangurusiana

Si Amonia (NH3)

Kali ini Hidrogen jalan-jalan ke taman bunga. Bahagia sekali ia dapat menghirup Oksigen, tanpa sengaja bertemu dengan sahabatnya Nitrogen, Klorin Flourin dan Bromin. Mereka semua berbahagia bisa terbang di alam bebas.

Saat itu entah mengapa Hidrogen tanpa sengaja menabrak Nitrogen, sampai - sampai kaget, "Hai Hidrogen emang kamu nggak lihat aku lagi menikmati keindahan alam, iyaa maaf kata Hidrogen".

Hidrogen sebenarnya sudah lama ingin berteman dengan Nitrogen, tetapi dia lebih suka menyapa Oksigen. Kemudian Hidrogen berkata jujur dengan Nitrogen, " gimana kalau kita berteman, kita akan membentuk senyawa baru. Ikatan yang terbentuk memang sangat kuat karena di dalam ikatannya masih ada sepasang elektron yang dapat bergerak bebas bahkan masih bisa berikatan dengan teman lainnya sehingga membentuk ikatan kovalen polar. Nitrogen akan diikat oleh tiga atom Hidrogen sehingga ikatan yang terbentuk segitiga piramida.

Nitrogen mempunyai sifat non logam memiliki proton tujuh, berat badan 14 gram/mol dengan lima elektron valensi, sehingga merupakan trivalen dalam sebagai besar senyawanya.

Nitrogen merupakan gas tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan sebagian besar merupakan gas diatomik dalam sebagian besar senyawanya .

Nitrogen menyumbang 78 persen atmosfer bumi dan merupakan konstituen dari semua jaringan hidup.

Hal ini dapat digunakan untuk menggantikan udara dan menghilangkan oksidasi bahan.

Dan akhirnya impian Hidrogen terpenuhi Nitrogen mau juga berteman dengannya sehingga membentuk senyawa baru yaitu amonia atau NH3.

Pada gilirannya digunakan untuk membuat pupuk dan bahan peledak. Nitrogen cair digunakan sebagai pendingin untuk suhu yang sangat rendah.

Demikian cerita pertemanan Hidrogen dengan Nitrogen. Mereka berbahagia dapat membantu para petani untuk menyuburkan tanahnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ma

08 Apr
Balas

aku kirim ke ank" kte e bagus mudah paham e dibuat cerpen mudah mun dibuat gitu paham e buk

08 Apr
Balas



search

New Post