Atjih Koerniasih

Guru di SMP Negeri 1 Cipanas. Sebagai guru mata pelajaran IPS. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
.BILA NEWSLETTER KAKAK  KELAS,  MENJADI MEDIA   PEMBELAJARAN
Newsletter hasil siswa

.BILA NEWSLETTER KAKAK KELAS, MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN

Tantangan Menulis Hari Ke 45

#TantangabGurusiana

Besok saya ada jam di kelas 8A, berdasarkan program semester waktunya untuk materi penguatan ekonomi kemaritiman dan agrikultura.  Untuk ekonomi kemaritiman,  sudah dipelajari pertemuan yang lalu.  Berarti pertemuan kali ini masuk pada. Materi penguatan agrikultur

Pada Rencana Pembelajaran (RPP)  sudah direncanakan model Projek Based Learning(PBJL) dengan kegiatan anak mengamati lingkungan tempat t tinggalnya. Kebetulan daerah tempat tinggal mereka mendukung untuk kegiatan pengamatan mereka. 

 Pada tahun lalupun, saya menerapkan model tersebut.  Dengan produknya,   berupa Newsletter  laporan pengamatan ekonomi agrikultura di daerah Cipanas.  Hasilnya tidak memgecewakan.  Mereka mampu membuatnya,  sehingga menurut saya pembelajaran abad 21 yang menghendaki adanya keterampilan 4 C (Critical thinking, ctrative,  colaborasi,  comunication),  pengembangan berbagai jenis literasi (minimal terlaksana baca tulis,  anumerasi,  sains,  digital), pembelajaran HOTS serta penguatan pendidikan katakter terpenuhi.  

Berdasarkan pengalaman tersebut,  sayapun ingin kembali mempraktekan model pembelajaran tersebut. Namun,  mengingat akhir -akhir ini selalu hujan,  rasanya kurang tepat untuk melaksanakan model pembelajaran  seperti itu. Kemudian malam ini saya mendapatkan ide, mengapa tidak hasil Newsletter saya gunakan sebagai media untuk menjadi bahan diskusi mereka.  Artinya, saya pun merubah model PJBL dengan Problem Basec Learning (PBL). 

Kemudian sayapun merancang permasalahannya,  agar nanti saat mereka mengemukakan permasalahan,  saya giring mereka kepermasalahan sesuai rencana saya adalah 

1. Apakah Newsletter yang kakak kelas kalian buat materinya  adalah benar agrikultura? Jika benar jelaskan alasan kalian ( pertanyaan ini untuk menguji pemahaman konsep agrikultura) 

2. Adakah kalian lihat potensi agrikultur di Cipanas berdasarkan Newsletter yang kalian baca?  Seperti potensi penyerapan tenaga kerja,  penyediaan pangan,  penyediaan bahan baku industri,  perbaikan pendapatan masyarakat,  pembentuk budaya bangsa dan penyeimbang ekosistim ? Jelaskan jawaban kalian.  

3. Berdasarkan kesimpulan kalian adakah peran agrikultur di Cipanas dalam perekonomian minimal perekonomian daerah? Penghasil pendapatan daerah, penyediaan pangan masyarakat,  basis pertumbuhan di pedesaan Cipanas, berdasarkan kenyataan perekonomian para petaninya.  Apakah kehidupannya menurut kalian sudah tergolong baik dari segi ekonomi para petaninya. 

4. Berdasarkan bacaan dari Newsletter tersebut adakah hambatan dalam pengembangan agrikultur di Daerah Cipanas? Semisal skala usahanya kecil,  modalnya terbatas, penggunaan tehnoginya, adanya fungsi lahan pertanian dll 

5. Bagaimana strategi Pengembangan agrikultur di Cipanas?  

Adakah kalian lihat Ekofarmingnya?  

Adakah distribusi pajaknya? 

Adakah perbaikan Irigasinya. 

6. Menurut kalian,  karakter apa yang harus dimiliki agar para petani Cipanas dapat meni gkatkan hasil peryaniannya?  

7. Jika kalian pemerintah, apa yang akan kalian lalukan dalam rangka menaikan produksi pertanian,  sehingga dapat dijadikan  sumber devisa yang pada akhirnya mensejahterakan masyarakat. 

Pertanyaan -pertanyaan itulah yang saya draf dan saya susun.  Untuk memudahkannya saya publish di google classroom topik penugasan,selain dalam rangka penghematan kertas.  

Semoga saja apa yang sudah saya rancang,  Insya Allah berjalan dengan lancar. Aamiin 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, bagus Bunda

28 Feb
Balas

Makasih bunda SyofniBunda selalu membaca tulisan saya makasih ya

28 Feb

Makasih bunda SyofniBunda selalu membaca tulisan saya makasih ya

28 Feb



search

New Post