Atjih Koerniasih

Guru di SMP Negeri 1 Cipanas. Sebagai guru mata pelajaran IPS. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MERDEKA BELAJAR MELALUI PEMBUATAN SOAL ONLINE

MERDEKA BELAJAR MELALUI PEMBUATAN SOAL ONLINE

Tantangan Menulis  Hari Ke 60

#TantanganGurusiana

Salah satu penerapan Merdeka Belajar adalah bsgaimana guru msmpu memiliki kreatifitas dan inovasi.  Kreatifitas dan inovasi dalam berbagai hal sepanjang dalam konteks tercapainya tujuan pembelajaran.  

Salah satu contoh kreatifitas dan inovasi adalah guru diberikan kekeluasaan dalam bentuk penilaian yang diberikan kepada siswa.  

Penilaian berbasis online salah satu sarana dalam memberikan ruang seluas -luasnya kepada guru untuk mengembangkan kreatifitasnya. Baik dalan berbagai macam literasi,  ataupun mengembangkan kemampuan soal-soal berbasis HOTS yang dalam penilaian berbasis kertas dan pulpen agak terkendala.  

Mengapa?   Karena bila banyak menerapkan literasi akibatnya kurang maksimal  (bila berbentuk gambar,  gambar tidak sesuai warna aslinya,  karena di disain warna hitam putih)  dan banyak menggunakan kertas sehingga tidak ramah lingkungan. 

Kendala dan permasalahan di atas,  tidak terjadi jika penilaian berbasis komputer (online)  justru ada kreatifititas dan inovasi guru yang terjadi.  Sebuah contoh dapat saya utarakan di bawah ini,  sebuah pengalaman seorang rekan mengajar saat membuat soal online.  

Jumat pagi itu,  13 Maret 2020 saya dan benerapa rekan guru melanjutkan membuat  berbasis online.  Di sebelah saya kebetulan duduk Bu Lilis guru Seni Budaya dan Kesenian.  Saya tengok komputer nya yang menayangkan soal -soal yang beliau buat.  Ada banyak gambar dalam pembuatan soalnya.  Namun bukan itu yang membuat saya penasaran.  Karena kalau menyelipkan berbagai gambar dalam soal itupun sudah saya lakulan.  Tetapi ada yang berbeda dengan soal yang dibuat oleh saya dan mungkin juga rekan guru ysng lain.  Yaitu, Bu Lilis selain gambar,  juga memamfaatkan menu lain dalam pembuatan soal apa itu?  

Beliau memamfaatkan menu untuk memasukkan film,  suara ke dalam soalnya.  Itu artinya beliau memamfaatkan menu tersebut secara maksimsl. Saat saya tengok dsn amati,  Bu Lilis sedang mendounload tari Kecak, mendounload berbagai audio dari youtube. Soalnya pun saya lihat ada lambang ysng menunjukan bukan saja gambar tapi ada film,  audio yang tentunya nanti i saat siswa mengerjakan soal itu akan dibuka.  

Sebush kreatifitas,  sebuah merdeka belajar telah terjadi.  Guru bebas mengembangkan kreatifitasnya salah satunya pada saat pembuatan soal berbasis online,  yang kalau pada penilaian berbasis kertas dan pulpen sulit terjadi.  

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar benar merdeka

14 Mar
Balas

Terima kasih Bu Irmayulis

14 Mar

Sangat menginspirasi Bu

14 Mar
Balas

Makasih Bu Ihat Solihat

14 Mar



search

New Post