Atjih Koerniasih

Guru di SMP Negeri 1 Cipanas. Sebagai guru mata pelajaran IPS. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

'MEREKA PILIHAN KAMI, BU'

Tantangan Menulia Hari Kw 58

TsntanganGurusiana

Itulah hasil pembelajaran hari ini. Di salah satu kelas yang hari ini saya masuki. Kamis, 12.Maret 2020. Yaitu mereka memilih siapa temannya yang paling kreatif. Ada 5 di antara 32, siswa yang terpilih. Kreatif apa maksudnya?

Pada pembelajaran IPS kelas 7, ada materi tentang kreatifitas. Untuk itu saya mencoba untuk menyampaikannya melalui penilaian antar teman. Di mana tiap tiap kelompok mendiskusikan temtang apa arti kreatifitas dan kemudian dari pemahaman itu mereka ditugaskan untuk memilih di antara temannya yang satu kelas paling kreatif dengan alasannya. Alasan yang sesuai dengan materi ciri seseorang dikatakan kreatif.

Setelah membahas tugas pertemuan yang lalu, yaitu mencari beberapa contoh peran Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi (IPTEK) terhadap kegiatan ekonomi maka, secara berkelompok mereka menndiskusikan Ciri -ciri orang kreatif. Sekaligus memilih temannua yang paling krestif. Tujuan saya, selain pemahaman konsep kreatif juga memuncullkan sebuah motivasi pada meteka, untuk menjadi orang kreatif.

Kemudian, setelah aktivitas diskusi selesai Salah satu dari mereka, saya tugaskan untuk menulis hasil diskusinya di white board. Yaitu Pada bagian (kolom) 1, ditulis kriteria atau ciri-ciri orang kreatif yaitu bersifat ingin tahu, sering mengajukan pertanyaan yang baik, banyak gagasan dan usul -usul terhadap suatu masalah, mampu menyatakan pendapat secara spontan tanpa malu -malu, tidak mudah terpengaruh orang, mampu mengajukan gagasan pendapat yang berbeda, mempunyai kebiasaan belajar sendiri dan lainnya.

Berhubung waktu nya tidak memungkinkan untuk presentasi maka, hasil mereka saya bacakan siapa saja teman dari mereka yang mereka pilih sebagai teman yang kreatif

Pilihan meeeka sebahagian besar sama dan memang nilai pelajaran IPS untuk aspek kerampilan nya juga baik.

Diakhir pelajaran ada lima orang terpilih, dan kemudian saya abadikan. Bersama teman -teman satu kelas. Alhirnya waktu juga untuk saya kemudian mengakhiri. Saya akan datang lagi di pertemuan selanjutnya. Dengan membahas pentingnya sebuah kreatifitas dalam kegiatan ekonomi, dengan pengetahuan dasar kreatif sudah di bahas hari ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post