PENGALAMAN PEMAMFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN
Tantangan Hari ke -11
#TantanganGurusiana
“Setiap kali ada alat baru, apakah itu internet atau ponsel atau apapun, semua itu dapat digunakan untuk kebaikan atau kejahatan. Tehnologi itu netral, hal itu tergantung bagaimana digunakannnya.” - Rik Smolen
Suatu ketika empat siswa mendatangai saya, ditangannnya ada buku tulis, dan sebahagian siswa lainnnya memegang Handphone. Mereka minta ijin untuk mewawancara saya tentang penggunaan internet. Ketika mereka ditanya untuk apa mereka mewawancarai, ternyata mereka sedang menjalankan tugas dari guru IT nya untuk mencari tahu tentang internet dengan cara mencari sumber dari lingkungan sekolah baik dari siswa maupun guru yang ada. Saya memahami tentunya guru tersebut bertujuan agar pembelajaran kontekstual, tentang apa itu internet dan bagaimana pemamfaatannya. Sebuah langkah pembelajaran yang mengantarkan kompentensi kecakapan abad 21 telah diterapkan terutama dalam menggali apa itu konsep internet melalui tehnik wawancara
Internet menurut sumber Wikipedia merupakan kependekan dari interconnection-networking yang mengandung arti seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistim global Transimission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna.
Penggunaan internet yang baru –baru ini saya terapkan adalah saat saya melaksanakan pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) . Penuh itu saya berjuang dengan jaringan. Jaringan kadang lemah , kadang kuat. Karena dalam pelatihan itu saya harus mengirimkan tugas maupun mengerjakan test melalui apliksi SIM PKB. Namun buah dari itu semua, banyak ilmu didapatkan, sehingga dalam test UKG (itupun melalui online artinya menggunakan jaringan) alhamdulillah hasilnya amat memuaskan.
Saat inipun saya sedang mencoba menerapkan sebuah layanan dari google yaitu google classroom. Keuntungan dari penggunaan layanan ini saya dapat mengirimkan tugas, ketika saya tidak dapat hadir di kelas berhubung ada pembinaan dari pengawas pembina. Itu artinya dengan internet saya dapat hadir walaupun melalui komunikasi jarak jauh. Kenapa saya sebut dapat berkomunikasi jarak jauh, karena mereka bisa bertanya tentang tugas tersebut melalui google cllsroom juga. Minggu depan inipun saya sedang mencoba untuk ulangan online melalui google classroom, keuntungannnya, anak mendapat soal yang tudak sama, penilaian secara otomotis, serta memenuhi memori HP siswa, sehingga mereka terhambat untuk memasukkan hal yang kurang pantas dalam memori HP nya
Sebelum mengenal goole classroom, sebuah aplikasi juga pernah saya terapkan e- learning buatan sekolah. penerapan aplikasi ini sebagai pembiasaan dalam penilaian, mengingat sekolah waktu itu sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.(UNBK) artinya, penggunaan jaringan internet memang sudah seharusnya dibiasakan.
Email dan blog serta WA serta Youtube juga saya mamfaatkan untuk pengumpulan tugas seperti makalah, Lembar Kerja, serta lainnnya. Selain ramah lingkungan karena berkurangnya penggunaan kertas, juga meja saya menjadi rapi karena tidak bertumpuk kertas tugas mereka. Jika dinginkan untuk dicetak, mudah saja karena google drive sudah dengan patuh menjaga file mereka.
Salah satu Pengalaman penggunaan email yaitu saat penilaian keterampilan bentuk proyek.pada materi Mobilitas Penduduk. Tujuannya selain tujuan pembelajaran yang terdapat pada kurikulum juga saya bertujuan untuk penerapan dua diantara enam literasi dasar, yaitu baca tulis dan literasi digita maka saya menugaskan mereka membaca buku otobiografi orang-orang sukses yang kemudian mereka analisis sesuai dengan tujuan dari pembelajaran mobilitas itu sendiri. Tugas mereka kirimkan melalui email, untuk pencetakannnya saya cetak dan saya jilid lima dari makalah yang terbaik dan mereka bacakan di depan kelas sebagai reward.
Seperti yang dikemukakan Rik Smolen di atas di antara, “Tehnologi itu netral, hal itu tergantung bagaimana digunakannnya”, maka sudah waktunya guru memberikan contoh penggunaan internet secara bijak dan cerdas.
#internetPendidikan #MediaGuru #Indosat
Biodata Peserta
Nama lengkap ; Atjih Koerniasih, S.Pd
Tempat tanggal lahir: Kuningan, 11 Oktober 1962
Jabatan : Guru
Instansi : SMP Negeri 1 Cipanas
Alamat email: [email protected]
nomor wa aktif indosat : 081563813316


Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar