Atut

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Malam Takbiran

Malam Takbiran

Malam Takbir

Oleh: Nurhayati

Setiap malam takbir, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, batin saya selalu bergetar. Buliran hangat selalu saja menganak sungai di pipi yang mulai keriput ini. Entah mengapa, gema takbir yang bersahut-sahutan dari corong masjid-masjid di sekitar rumah, selalu menghadirkan kenangan.

Teringat kenangan masa kecil di dusun. Malam takbiran selalu dimeriahkan dengan pawai obor anak-anak kecil. Kami akan berkeliling kampung mengumandangkan takbir sambil memegang obor. Anak-anak yang agak besar ada yang membawa rebana atau kentongan sebagai pengiring takbir. Meriah sekali. Sungguh tak terlupakan.

Seiring berjalannya waktu, takbiran masa kini telah berubah jauh. Takbir keliling lebih didominasi sepeda motor. Bahkan mobil bak terbuka mengusung sound sistem yang suaranya menggelegar menyertai lantunan takbir dilengkapi kerlap kerlip lampu diskonya. Parahnya hanya sedikit yang ikut mengucapkan takbir, karena sudah diwakili suara takbir dari sound.

Takbiran pada masa pandemi ini, semua itu hanyalah tinggal kenangan. Tidak ada takbir keliling, bahkan beberapa masjid ditutup untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ah, betapa saya rindu kenangan takbiran tahun-tahun lalu. Berkumpul bersama seluruh anggota keluarga. (Edisi kangen cucu😩).

Wringinagung, 19-7-21

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat hari Raya Iduk Agha ya bun...maaf lahir batin

19 Jul
Balas

Selamat hari raya idul adha, semoga gema Takbir berkumandang terus dan mengusir wabah virus serta pengorbanan kita tahun ini diterima oleh Allah SWT, aamiin ,

20 Jul
Balas

Bagus banget ulasan bunda sip , kangen putu injih kadang rasa ingin ketemu tapi saatnya PPKM anak- anak jauh dari kita pastinya membawa kesan tersendiri bunda Tetap semangat sukses selalu Salam literasi

19 Jul
Balas

Jadi pengen merasakannya lagi... Salam sukses bunda...

26 Jan
Balas

Jadi pengen merasakannya lagi... Salam sukses bunda...

26 Jan
Balas



search

New Post