NUR ARIFINZA DESI WARDANA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ayo Ikut MembaTIK  (Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK)

Ayo Ikut MembaTIK (Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK)

MembaTIK merupakan suatu kegiatan lomba membuat media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi informasi dan komunikasi) bagi guru, siswa, mahasiswa, dan khalayak umum. Tujuan dari membaTIK diharapkan peserta dapat membuat media bahan belajar berbasis TIK yang menarik, kreatif, dan interaktif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah.

Tahapan dari Lomba membaTIK mulai dari pendaftaran, peserta dapat mendaftar dari tanggal 24 Juni – 31 Agustus 2019 melalui http://membatik.kemdikbud.go.id, setelah mendaftar peserta dapat memilih kategori lomba yang ingin di ikuti. Lomba membaTIK ada empat kategori lomba antara lain: video pembelajaran, multimedia interaktif, game edukatif, dan augmented reality. Empat jenis lomba membaTIK yang dilombakan harus memenuhi persyaratan antara lain: lomba media pembelajaran berbasis video diperuntukkan khusus untuk guru, sedangkan media pembelajaran interaktif (format HTML), media pembelajaran berbasis game, dan media pembelajaran berbasis Augmented dan Virtual Reality untuk guru, mahasiswa, siswa, dan umum.

Adapun syarat mengikuti lomba yaitu media pembelajaran yang di ikutkan lomba membaTIK belum pernah di publikasikan, media pembelajaran akan menjadi Hak Milik Pustekkom Kemdikbud, mengisi surat pernyataan keaslian karya, konten tidak mengandung SARA. Sedangkan kriteria peserta yaitu Guru PNS dan non PNS semua jenjang, jenis dan jalur pendidikan, siswa semua jenjang, jenis dan jalur pendidikan (formal dan non formal), serta umum : WNI, perseorangan atau kelompok (komunitas).

Pada tanggal 24 Juni – 31 Agustus 2019 selain mendaftar, peserta yang sudah membuat media pembelajaran harus mengunggah karyanya yang sudah dipilih pada saat pendaftaran. Saya memilih jenis lomba media pembelajaran berbasis video dengan judul “Massa Jenis dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari" karena saya mempunyai ilmu dan pengalaman membuat video pembelajaran di lomba PembaTIK di Rumah Belajar, sehingga sangat membantu dalam pembuatan video pembelajaran. Ayo Bapak Ibu guru yang suka tantangan untuk berinovasi dan ingin memberikan hasil karya terbaik kita sebagai guru. Mari kita ikuti kegiatan lomba membaTIK ini sebagai pengalaman berharga dan tak terlupakan serta kenangan manis bagi anak didik kita sebagai generasi penerus masa depan.

Pada tanggal 1-31 september 2019 file karya yang sudah terkirim akan diseleksi oleh juri sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Karya yang terpilih atau terseleksi sebanyak 32 karya terbaik akan di undang ke jakarta untuk mempresentasikan hasil karyanya. Kemudian pada bulan november 2019 akan diumumkan juara pemenang per kategori di Anugerah Ki Hajar 2019 (semoga saya masuk Aamiin....).

Pemenang lomba membaTIK akan di ambil tiga juara terbaik dari empat jenis media yang dilombakan, selain itu juga akan diambil 200 karya yang layak untuk diunggah ke Rumah Belajar (di luar pemenang) yang akan mendapatkan penghargaan dari Pustekkom.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post