Ayo Sugiryo

Mengajar di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Saya selalu teringat pada apa yang dikatakan penulis besar Pramoedya Ananta Toer bahwa : &ldqu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Maafkan Kami yang Selalu Tak Punya Waktu, Nak!

Maafkan Kami yang Selalu Tak Punya Waktu, Nak!

Apakah ada yang pernah merasakan seperti ini, merasa punya banyak waktu untuk anak-anak di rumah? Kalau iya, itu sungguh luar biasa. Saya sendiri kadang merasa kurang yakin kalau anak-anak atau saya merasa ada bersama dengan mereka. Waktu ada, tetapi kadang kita sibuk sendiri-sendiri di zaman seperti ini, sepertinya sudah tahu semua kenapa alasannya.

Dengan durasi waktu yang cukup, kita semestinya akan banyak kesempatan untuk dapat memberikan perhatian lebih pada mereka. Namun kadang kesulitan kita adalah bagaimana memanfaatkan waktu yang ada untuk sekedar sharing dan saling berbicara face to face.

Bagi yang merasa sudah banyak waktu di rumah walaupun tidak digunakan untuk banyak berinteraksi, kadang akan memberikan penilaian pada diri sendiri kalau kita sudah bersama-sama dengan mereka. ‘Aku kan sudah melakukan sederetan pekerjaan rumah tangga dan mendampingi anak-anak.’, ‘Soal bersama dengan anak, itu sudah pekerjaanku setiap hari, mengurus mereka dari pagi hingga malam.', ‘Jangan khawatir, soal anak-anak, beres semua,' begitu kata mereka yang merasa punya banyak waktu, padahal yang dilakukan tidak lebih dari nyuekin anak sambil bersosial media, marah-marah tanpa sebab, ngomel-ngomel sambil mengeluh cape.

Mungkin berbeda bagi orang tua yang super sibuk, apalagi yang ayah dan ibu sama-sama pekerja, mereka akan merasa memiliki sedikit waktu untuk bersama. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga justru mereka akan memanfaatkan waktu yang sedikit itu untuk benar-benar menggunakannya secara maksimal untuk quality time; berdiskusi sambil ngopi atau atau ngeteh, saling berbagi kisah aktivitas masing-masing dengan komitmen untuk tidak saling pegang gadget.

Sebenarnya anak-anak juga tidak menuntuk untuk banyak waktu bersama mereka, apalagi kalau mereka sudah menginjak remaja. Misal, sepuluh menit saja mengajak anak ngobrol, lima menit saja mengajak anak untuk dimintai idenya, itu akan sangat berarti buat mereka. Pasti mereka akan merasa ada dan dibutuhkan. Mereka akan merasa punya teman curhat. Mereka akan merasa penting dan punya sesuatu yang orang lain butuhkan. Mereka akan merasa nyaman berada di rumah sendiri. Wah, kelihatannya gampang ya, tapi memang perlu dicoba. Bagi yang sudah melakukan ini, luar biasa deh!

Jadi, kesibukan bukan alasan bagi para orang tua untuk tidak memberikan hal terbaik buat anak-anaknya. Sebaliknya, yang punya banyak waktu di rumah, jangan merasa sudah memberikan yang terbaik buat anak-anaknya. Sepertinya, saya perlu buka lagi catatan harian saya, apakah benar sudah memberikan waktu terbaik dengan anak-anak?

***************

“The best inheritance a parent can give his children is a few minutes of his time each day.” – Orlando Aloysius Battista

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Mas senior. Sukses selalu

16 Apr
Balas

Terimakasih Pak. Salam sukses selalu

16 Apr

Ulasan yang membuat saya introspeksi diri. Makasih diingatkan, Pak.

16 Apr
Balas

Semoga bermanfaat. Terimakasih Bu.

16 Apr

Mantap ulasannya Pak Ayo.

15 Apr
Balas

Terimakasih Ibu.

16 Apr

Sangat inspiratif pak

16 Apr
Balas

Terimakasih Pak.

16 Apr

Terima kasih ulasannya

16 Apr
Balas

Semoga bermanfaat. Terimakasih

17 Apr

Btl bgt p gr. Krn pekerjaan ortu krg komunikasi dg anak. Kl kami mengatasinya tiap sr/ mlm ngobrol & mkn bareng sampai jam 9 kecuali ada hal sangat penting br ditunda.

17 Apr
Balas

Wah, bagus sekali itu Bu

17 Apr

Ulasannya sangat inspiratif, keren Pak

17 Apr
Balas

Terimakasih Pak supportnya

17 Apr

Siap, Bapak. Siap berikan waktu terbaik. Salam sukses.

17 Apr
Balas

Terimakasih Bu. Salam sukses juga.

19 Apr

Mantap ulasannya. Sukses selalu ibu

17 Apr
Balas

Terimakasih Pak.

17 Apr

Sangat menarik dan sangat inspiratif

16 Apr
Balas

Terimakasih Pak. Semoga bermanfaat

16 Apr



search

New Post