Ayo Sugiryo

Mengajar di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Saya selalu teringat pada apa yang dikatakan penulis besar Pramoedya Ananta Toer bahwa : &ldqu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah Hujan Dulu dan Sekarang Berbeda?

Apakah Hujan Dulu dan Sekarang Berbeda?

Ketika kecil dulu, hujan adalah momen yang sering ditunggu-tunggu oleh anak-anak seusiaku. Berbasah-basahan sambil main perang-perangan di derasnya hujan menjadi kebahagiaan tersendiri. Kami berlarian dan berkejaran dijalan licin yang waktu itu memang tak beraspal, lempar-lemparan tanah liat bak granat yang siap menembus dada lawan dalam perang. Menebas dan menusuk lawan dengan pedang dari pelepah pisang bagaikan adegan film laga Antonio Banderas melawan musuhnya, atau Jet Lee yang tangguh dengan jurus kungfunya, sambil mengusap peluh yang memenuhi wajah karena air hujan. Masa-masa ini benar-benar indah dan tak terlupakan.

Kini, ketika aku punya anak sendiri, begitu takutnya melihat hujan terlebih ketika anakku harus menyentuh air hujan. Begitu awan hitam sudah bergelayut di langit sana, aku sudah teriak-teriak mengingatkan mereka untuk segera mencari perlindungan, masuk ke dalam rumah dan mengeluarkan banyak dalih seperti masuk angin, bahaya ada petir,  dan semacamnya. Beberapa kata ancaman ataupun cara untuk menyelamatkan si buah hati dari bahayanya air hujan yang turun dari langit. Seolah aku lupa bahwa dulu aku tidak pernah mendapatkan larangan ataupun peringatan bahaya dari ayah ibuku saat bermain dalam hujan. Mereka membiarkanku mengekspresikan kegembiraan di dalam hujan. Mungkin mereka terkesan tidak peduli atau tidak menyayangi, tapi itulah yang mereka bisa lakaukan bahwa alam adalah sahabat mereka termasuk anak anak. Mungkin mereka hanya berfikir sederhana saja, bagaimana mereka bisa melanjutkan jejak karir mereka sebagai petani kalau anak-anakanya takut sama hujan? Bukankah hujan itu sahabat para petani yang selalu ditunggu untuk menumbuhkan batang-batang padinya?

Orang tua jaman sekarang banyak yang terlalu khawatir dengan anak-anaknya, banyak mengekang dan melarang anak untuk melakukan ini dan itu. Kembali ke hujan, apa salahnya kalau kami sekarang membiarkan anak-anak kami bermain di dalam hujan, selama tidak ada banyak petir bergemuruh dan menyambar, bukankah air hujan aman jika mengenai tubuh kita? Atau mungkin kandungan air hujan di jaman now berbeda dengan kandungan air hujan di jaman dulu? Atau rasa khawatir kami yang berlebihan saja? Tetapi, aku kan juga bukan petani seperti bapakku dulu, yang menginginkan anak-anakku mengikuti jejakku jadi petani. Jadi aku ga salah-salah amat melarang anakku bermain hujan-hujanan. Tetapi juga, bapakku tidak salah-salah amat kalau ternyata anaknya yang diharapkan untuk melanjutkan jejak karirnya menjadi petani ternyata tidak juga mengikuti jejak karirnya karena telah menentukan pilihannya sendiri untuk berkarir dan bapakku pun tidak melarangnya. 

Kalau bisa disimpulkan, aku merasa lebih beruntung dibandingkan anak-anakku. Dulu aku sempat bermain di dalam hujan walaupun tidak bisa melanjutkan karir bapakku menjadi petani, sementara anak-anakku tidak memiliki kesempatan untuk bermain dalam hujan dan mungkin juga aku akan melarang mereka ketika mereka ingin berkarir jadi petani seperti bapakku. Susah juga ya jadi anak sekarang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Mas senior. Sukses selalu

22 Apr
Balas

Terimakasih Mas. Sukses dan salam buat keluarga

23 Apr

Kalau saya waktu anak2 kecil, saya lihat dulu hujannya seperti apa. Kalau deras dan aman, saya malah suruh mereka hujan-hujanan. habis itu mandi dan makan biar sehat hehe....

23 Apr
Balas

Betul Bu, sepertinya anak anak perlu lebih bersahabat dengan alam. Yang penting aman.

23 Apr

Paparan yang keren, Pak. Salam literasi dan sehat selalu.

28 Apr
Balas

Terimkasih Ibu. Salam sukses .

30 Apr

Hahaa...btl bgt, p gr. Sy pun jg bgtu ke anak cucu kami.

22 Apr
Balas

Hehe..begitu jga ya

23 Apr

Dulu waktu kecil, kalau hujan turun rasanya senang. Bisa mandi air hujan sambil lari2an dengan telanjang. Itu salah satu pengalaman orang dulu yang tak dialami anak jaman now.

24 Apr
Balas

Haha... betul sekali Pak. Betapa indahnya masa masa itu.

25 Apr

Sekarang kalau kita hujan-hujan, trus masuk angin, Bapak. Hehe....

22 Apr
Balas

Betul juga Bu, beda dengan dulu, mungkin faktor usia..hehe

23 Apr

Kalau anak sudah usia TK, kayaknya boleh dong kalau mandi air hujan. Biar bisa merasakan kebahagiaan seperti bapak dulu.

28 Apr
Balas

Tentu boleh Ibu. Hanya saja saya kadang lebay sebagai ortu.. terlalu khawatir..hehe

30 Apr

Biar bermain air hujan Pak. Asal jangan kelamaan. Kebahagiaan yang tak terkira untuk anak-anak.

28 Apr
Balas

Betul sekali ibu. Memang sebaiknya anak anak merasakan sentuhan alam. Hehe..Terimakasih ibu.

30 Apr



search

New Post