Ayo Sugiryo

Mengajar di SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Saya selalu teringat pada apa yang dikatakan penulis besar Pramoedya Ananta Toer bahwa : &ldqu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Tak Ada Lagi 'Kumpul Bocah'

Ketika Tak Ada Lagi 'Kumpul Bocah'

Bagi saya, anak-anak adalah makhluk unik yang pernah ada dalam kehidupan ini. Saat kami masih pasangan muda dan belum memiliki anak, kehadiran seorang bayi mungil sangat dinantikan sebagai pelengkap ikatan pernikahan dan juga harapan kami sebagai penerus kehidupan keluarga. Maka kehadiran seorang anak sungguh sangat dinantikan.

Begitu si anak lahir, kebahagiaan sebuah keluarga lengkaplah sudah. Apa pun akan diusahakan demi memenuhi kebutuhan anak. Orang tua rela membanting tulang demi untuk membesarkan si kecil hingga menjadi manusia dewasa dan berguna.

Banyak peristiwa yang terjadi pada setiap masa pertumbuhan anak. Waktu kami terasa banyak tersita. Energi dan pikiran terkuras dengan cepat. Namun, kehadirannya, sungguh sangat mewarnai keluarga kami. Jika mungkin, anak tidak boleh kelaparan, tidak boleh sakit, tidak boleh bodoh, tidak boleh menderita, tidak boleh dihina, dan tidak boleh tidak boleh yang lain.

Ketika anak sudah mulai berpolah, orang tua sering kewalahan. Rumah menjadi berantakan, anak lebih suka bermain, dan mulai banyak permintaan. Anak maunya yang praktis dan enak. Anak lebih suka ngambek jika dinasihati. Anak suka berisik dan masih banyak lagi yang membuat orang tua gemas. Kemarahan orang tua pun sering tak terhindarkan hingga terkadang keluarlah kata-kata yang tidak pantas untuk anak.

Tetapi begitulah anak-anak. Mereka bagaikan goresan cat air yang mewarnai kanvas putih sebuah keluarga. Ketika melihat goresan warna cat air dari dekat, maka gambar seperti tanpa bentuk yang jelas, tetapi ketika dilihat dari kejauhan, maka keindahan lukisan cat air akan lebih memiliki seni keindahan tersendiri. Ketika anak-anak berada di rumah dengan berbagai perilaku dan problematikanya, serasa beban orang tua begitu berat namun begitu mereka sudah satu persatu menjauh maka terasa betapa indahnya sewaktu masih berkumpul bersama anak-anak.

Sepertinya saya masih punya waktu untuk memperbaiki. Biarlah rumah berantakan, Biarlah mereka berisik, biarlah mereka mengeluh, biarlah mereka mengadu, biarlah mereka bermanja. Saya hanya membayangkan, sepasang kakek nenek renta yang hidup berselimut sepi di masa tua mereka.

*****************

Cleaning your house while your kids are still growing is like shoveling the sidewalk before it stops snowing_Phyllis Diller

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya Mas senior. Sukses selalu

13 Apr
Balas

Terimakasih Pak Supportnya.

13 Apr

Tulisan yang menyentuh Pak.

13 Apr
Balas

Terimakasih sudah berkunjung Ibu

13 Apr

Sangat mengispirasi pak

13 Apr
Balas

Alhamdulillah. Mudah2an bermanfaat.

13 Apr

Btl p gr. Bahkan wkt anak2 kuliah semua sj, rmh jd terasa sepiii bgt

13 Apr
Balas

Iya Bu. Sudah menjadi siklus kehidupan. Terimakasih sudah berkunjung Ibu.

13 Apr

Masooook, Pak. Semua demi anak-anak. Salam bahagia.

13 Apr
Balas

Hehe.. iya Bu, betul.

13 Apr

Memiliki keluarga yang utuh itu sangat menarik dan menyenangkan. Nikmati selagi masih ada

13 Apr
Balas

Betul, nikmati kebersamaan selagi masih bisa. Terimakasih Bu sudah berkunjung.

13 Apr

Luar biasa. Bisa menjadi buku

13 Apr
Balas

Amin. Semoga bisa konsisten menulis.

13 Apr

Istimewa, terhanyut dalam narasi, salam sukses pak

13 Apr
Balas

Terimakasih Pak Jumari. Sukses juga buat Bapak.

13 Apr

Sama2 support pak

13 Apr



search

New Post