Ayu Gayatri Dharmayani

Hallo! salam kenal Saya merupakan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023. Melalui platform ini akan berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan pengalam...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi Nyata Topik 5 - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Aksi Nyata Topik 5 - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran sebagai Scaffolding pada ZPD

Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pembelajaran, saya pikir Zone of Proximal Development (ZPD) adalah konsep beru dalam memetakan peserta didik sesuai zona perkembangannya selayaknya pendapat Jean Piaget yang memetakan tahapan perkembangan anak atau pemetaan anak berdasarkan Kolb's Learning Styles. Awalnya saya berpikir bahwa Zone of Proximal Development (ZPD) ini ada jenis-jenis pemetaannya yang sekiranya akan memudahkan guru dalam memberikan pelayanan dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Salah satu pelajaran yang saya ambil dari topik ini adalah pentingnya memahami latar belakang peserta didik sebelum memulai proses pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan melalui asesmen atau pengumpulan informasi pada awal pembelajaran untuk memahami gaya belajar, karakteristik, dan latar belakang peserta didik. Dengan pemahaman yang mendalam ini, seorang pendidik dapat merancang strategi, metode, teknik, dan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam penerapan Scaffolding pada ZPD.

Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Bersama rekan-rekan dalam ruang kolaborasi, kami melakukan diskusi dalam kelompok kecil. Dalam diskusi ini, kemi menyampaikan pendapat kami masing-masing mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding dalam Zone of Proximal Development (ZPD) dan juga pendapat kami masing-masing mengenai kesiapan belajar dengan menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding dalam Zone of Proximal Development (ZPD). Selain itu, dalam proses ruang kolaborasi ini kami juga mengidentifikasi kesamaan maupun perbedaan pendapat masing-masing kelompok.

Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Melalui proses demonstrasi kontekstual bersama kelompok, kami mendiskusikan bagaimana penerapan Scaffolding pada ZPD memengaruhi proses pembelajaran dan mendukung kemandirian serta peningkatan kompetensi peserta didik. Kami menyajikan hasil diskusi dalam bentuk presentasi dan berdiskusi dengan kelompok lain serta dosen untuk mendapatkan sudut pandang tambahan.

Elaborasi Pemahaman: Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini, saya menyadari bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran, seorang pendidik harus memahami latar belakang peserta didik agar dapat menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. ZPD menjadi bagian dari upaya pendidik untuk membantu peserta didik mencapai potensi sebenarnya, dengan menggunakan metode scaffolding. Pendekatan, strategi, dan teknik pembelajaran adalah cara untuk memenuhi kebutuhan ini. Pemahaman saya telah berubah; saya tidak lagi melihat peran seorang pendidik hanya sebatas menyampaikan materi dan kemudian mengevaluasi pemahaman siswa di akhir pembelajaran. Sebagai pendidik, saya menyadari bahwa saya harus menyusun strategi, teknik, dan pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran. Hal ini merupakan implementasi dari konsep scaffolding untuk meningkatkan potensi peserta didik. Saya berharap dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai dengan pemahaman saya saat ini setelah mengikuti perkuliahan adalah terkait konsep Zone of Proximal Development (ZPD) yang awalnya saya pikir ada jenjang/tingkat pemetaan tertentu pada anak berdasarkan perkembangannya, ternyata tidak ada batasan tertentu terkait jenjang/pemetaan anak.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah tentang negara-negara mana saja yang sudah mengimplementasikan Zone of Proximal Development (ZPD) dalam proses pembelajaran mereka? Bagaimana dampak yang dirasakan baik guru maupun peserta didik selama mengikuti proses belajar dengan menerapkan Zone of Proximal Development (ZPD)?

Koneksi Antar Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Keterkaitan topik ini dengan mata kuliah Filosofi Pendidikan adalah pemahaman tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai bagian dari scaffolding pada ZPD sesuai dengan alam dan zaman, termasuk gaya belajar dan latar belakang budaya. Konsep ini juga terkait dengan sistem pendidikan yang bertujuan untuk mendidik dan membimbing peserta didik dengan penuh kasih sayang untuk mengembangkan potensi mereka. Terkait dengan mata kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran, beragam karakteristik peserta didik harus dipahami untuk menentukan strategi yang sesuai, serta merencanakan pembelajaran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa demi mencapai tujuan pembelajaran. Keterkaitan topik dengan mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen juga terkait dengan melaksanakan asesmen diagnostik untuk memahami kemampuan awal atau ZPD peserta didik, serta merancang asesmen yang sesuai dengan level kemampuan mereka.

Aksi Nyata: Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Tentunya materi ini bermanfaat bagi kesiapan seorang guru profesional, karena materi tentang Zone of Proximal Development (ZPD) ini juga membahas mengenai scaffolding atau pola interaksi orang dewasa dalam mengajar/mengasuh anak sesuai zona perkembangan anak.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan mengajar saya saat ini dapat digambarkan dalam skala 8 dari 1-10. Saya siap untuk menerapkan scaffolding maupun ZPD dalam proses pembelajaran, hanya saya tentu untuk meningkatkan performa masih harus meningkatkan kemampuan/wawasan mengenai penerapan ZPD dalam proses pembelajaran khususnya bagi guru.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu dipersiapkan lebih lanjut adalah mental dan wawasan yang luas. Semakin siap secara mental, maka guru akan semakin percaya diri dalam menerapkan ZPD. Kemudian didukung dengan wawasan yang luas, maka guru dapat menerapkan ZPD dengan optimal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post