Aksi Nyata Topik 6 - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
Isu-isu dalam Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik
Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran, saya berpikir bahwa isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran tidak mempengaruhi kualitas pendidikan atau mempengaruhi jalannya proses pembelajaran. Rupanya apabila ditelaah lebih dalam, tentu adanya isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran mencerminkan bagaimana kualitas sekolah/satuan pendidikan atau bahkan kualitas pendidikan di suatu daerah. Hal ini karena isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran ini timbul karena pengaruh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik setempat.
Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Salah satu pelajaran yang saya ambil dari topik ini adalah tentang pentingnya peka terhadap kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan politik setempat karena faktor-faktor tersebut juga mempengaruhi isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran khususnya di sekolah sebagai satuan pendidikan.
Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Bersama rekan-rekan dalam ruang kolaborasi, kami melakukan diskusi dalam kelompok kecil. Dalam diskusi ini, kemi menyampaikan pendapat kami masing-masing mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu juga merangkum pendapat kami masing-masing mengenai kesiapan belajar dengan memperhatikan isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Dalam proses ruang kolaborasi ini kami juga mengidentifikasi kesamaan maupun perbedaan pendapat masing-masing kelompok.
Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hingga saat ini, pemahaman saya mengenai topik ini mencakup isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya dapat menghubungkan dan merangkum isu-isu terkait seperti pendekatan, strategi, metode, dan teknik, serta penerapan materi pembelajaran sebagai pendukung (scaffolding) pada Zona of Proximal Development (ZPD).
Elaborasi Pemahaman: Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Dengan mempelajari topik 6 perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, pendidik dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik peserta didik, perkembangan pendidikan, menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif, dan mengintegrasikan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik ke dalam materi pembelajaran. Dengan mengintegrasikan isu-isu tersebut ke dalam materi pembelajaran, peserta didik dapat memahami keterkaitan antara materi pembelajaran dengan konteks sosial, budaya, ekonomi, dan politik mereka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran serta mengatasi tantangan yang muncul akibat perbedaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baik yang saya dapatkan mengenai topik ini adalah membuka pemikiran terhadap isu-isu yang memungkinkan terjadi terkait situasi sosial, budaya, politik dan ekonomi dalam pendidikan, mendapatkan perspektif terhadap situasi sosial, budaya, politik dan ekonomi dalam pendidikan dan belajar mencari solusi permasalahannya. Selain itu, menyesuaikan pembelajaran dengan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin belajar lebih lanjut tentang bagaimana mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang peduli terhadap isu-isu global dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat melalui pendidikan yang memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.
Koneksi Antar Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Filosofi Pendidikan Indonesia: Dengan memperhatikan isu-isu dalam penyelenggaraaan pendidikan dan pembelajaran, guru dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kodrat peserta didik sejalan dengan pemikiran KHD. Prinsip Pengajaran dan Asesmen: Asesmen diagnostik nonkognitif dapat dilaksanakan untuk mengidentifikasi isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran khususnya yang berkaitan dengan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik di satuan pendidikan. Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran: Pengintergrasian perangkat teknologi dan internet dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan/tantangan berkaitan dengan penyelesaian isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya: Memahami isu-isu dalam pendidikan dan pembelajaran merupakan salah satu langkah guru untuk bisa memahami karakteristik peserta didiknya. Sehingga dapat memberikan tindak lanjut yang bermakna. Pembelajaran Sosial Emosional: Setiap stakeholder di satuan pendidikan harus memiliki keterampilan sosial dan emosional dalam menghadapi berbagai isu-isu berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan: Dengan terjun langsung ke sekolah, dapat melihat secara nyata bagaimana bentuk atau isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran secara langsung di sekolah tempat PPL.Aksi Nyata: Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Dengan menerapkan ilmu yang didapatkan terkait topik 6 perspektif sosikultural mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, pendidik dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik peserta didik, mengikuti perkembangan pendidikan, menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif, mengintegrasikan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik kedalam materi pembelajaran, serta mengembangkan keterampilan dan kompetensi pendidik untuk memenaiki tantangan terkait isu-isu tersebut dalam proses pembelajaran.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Apabila bicara tentang kesiapan mengajar, sebagai calon guru profesional hendaknya selalu siap akan berbagai situasi dan kondisi yang akan dihadapi di satuan pendidikan. Setelah mempelajari topik ini, saya lebih memahami tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan yang dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Dengan demikian, kesiapan kita mengajar hendaknya mempertimbangkan keempat faktor tersebut dan meningkatkan kepekaan terhadap isu-isu penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Untuk saat ini saya bersedia mengajar dengan memperhatikan Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik akan tetapi masih perlu pendalaman lebih intens terkait situasi sosial, budaya, ekonomi, dan politik di satuan pendidikan tempat saya mengajar nantinya.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Hal yang perlu dipersiapkan lebih lanjut adalah mental dan wawasan yang luas. Semakin siap secara mental, maka guru akan semakin percaya diri dalam menghadapi berbagai isu-isu berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
Oleh:
Ni Putu Ayu Gayatri Dharmayani, S.Pd. (NIM 2364803043 / PGSD-002)
PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023, Universitas Pendidikan Ganesha
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar